SMAN 16 Upacara Peringatan Hardiknas: Penuh Kehidmatan & Bertabur Penghargaan

Berdasarkan Kepres Nomor 316 Tahun 1959, Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati setiap tanggal 2 Mei. Tanggal 2 Mei merupakan hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, dipilih karena sekaligus memperingati kelahiran Ki Hajar Dewantara sebagai tokoh pelopor pendidikan dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa di Indonesia. Berkat jasa, perjuangan dan kepedulian Ki Hajar Dewantara kepada kualitas pendidikan Indonesia, hingga saat ini telah banyak anak-anak penerus bangsa yang bisa merasakan duduk di bangku sekolah. Meskipun, masih banyak pula sistem pendidikan Indonesia yang harus dibenahi. Ki Hadjar Dewantara berperan penting dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Ia mendirikan Perguruan Taman Siswa yang menjadi tempat bagi penduduk pribumi biasa dapat menikmati pendidikan yang setara dengan orang-orang dari kasta yang lebih tinggi. Selain itu pada masa penjajahan Belanda, pendidikan adalah hal yang sangat langka dan hanya untuk orang terpandang (keluarga priyayi) dan orang asli Belanda yang diperbolehkan mendapatkan pendidikan.

Beliau juga terkenal dengan tulisannya yang menyebabkan beliau sering terlibat dalam masalah dengan Belanda. Hal ini karena tulisan-tulisannya tajam yang ditujukan untuk mengkritik Belanda. Tulisannya yang terkenal adalah Als Ik Eens Nederlander Was yang berarti Seandainya Saya Orang Belanda. Beliau pun akhirnya diasingkan ke Pulau Bangka oleh pihak Belanda. Semboyan Tut Wuri Handayani digunakan oleh Ki Hajar Dewantara dalam melaksanakan sistem pendidikannya. Pencantuman semboyan ini berarti melengkapi penghargaan dan penghormatan kita terhadap almarhum Ki Hajar Dewantara yang hari lahirnya telah dijadikan Hari Pendidikan Nasional. Untuk itu sebagai wujud rasa syukur dan sebagai bagian dari penghargaan tinggi kepada jasa Ki Hajar Dewantara, SMA Negeri 16 menggelar Upacara Bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 pada Selasa, 2 Mei 2023, pukul 07.00 WIB di lapangan upacara SMA Negeri 16. Bertindak sebagai Pembina Upacara, Kepala SMA Negeri 16 Semarang Ibu Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Dalam upacara Kepala Sekolah membacakan sambutan  Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. Adapun yang bertindak sebagai petugas upacara adalah TIM paskibra SMA Negeri 16 Semarang.

Pada momen peringatan Hardiknas tahun 2023, SMA Negeri 16 Semarang juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Tendik dan Pendidik atas Dedikasi dan Loyalitasnya dalam menjalankan tugas di SMA Negeri 16 Semarang. Penghargaan  tersebut diserahkan secara langsung oleh  Ibu Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd. atau  Kepala Sekolah kepada  Ibu Rahna Kalipasa, A.Md. atas dedikasi dan loyalitasnya dalam mengemban tugas sebagai Plt. Kasubag TU. Penghargaan selanjutnya diberikan kepada Pendidik atau Guru yaitu Bapak Sunarno, S.Pd., selaku Guru dan sekaligus Waka Kurikulum SMA Negeri 16 Semarang. Penghargaan yang ketiga diberikan kepada Bapak Idhi Tri Atmojo, S.Kom. Upacara peringatan Hardiknas di SMA Negeri 16 berlangsung dengan hidmat dan lancar sampai berakhirnya upacara. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023. Serentak Bergerak wujudkan Merdeka Belajar. Mari wujudkan Merdeka Belajar dengan terus bergerak dalam kreativitas dan inovasi. Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani.

 

Penulis : Umi Rahmawati, S.Pd., M.Si., Guru SMAN 16 Semarang

Editor   : Nurul Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang