Gelar Lomba Olahraga Penerapan P5 Tema Bangunlah Jiwa & Raganya

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bertema Bangunlah Jiwa dan Raganya merupakan P5 yang ketiga dilaksanakan kelas X  SMKN 2 Semarang yang diketuai oleh Bapak Suprihatin, S.Pd. Projek ini dilaksanakan bersamaan dengan hari Pendidikan Nasional. Projek ini menciptakan kesempatan belajar peserta didik untuk membentuk diri sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila dan melatih kesehatan peserta didik secara fisik dan mental. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari. Hari pertama yakni Selasa, 2 Mei 2023, mulai jam pelajaran pertama sampai pelajaran kesepuluh materinya Perilaku Hidup Sehat, peserta didik membuat kelompok dan berdikusi tentang makanan sehat. Peserta didik diharapkan bisa memilih makanan yang tergolong kategori makanan sehat, cara membuat makanan sehat dan peserta didik juga bisa membuat anggaran biaya makanan dengan baik dan benar. Karena mata pelajaran P5 ini merupakan projek yang dapat diimplementasikan kurikulum merdeka pada semua mata pelajaran dan bisa membentuk karakter peserta didik sesuai dengan profil pelajar pancasila yaitu jiwa keberkerjakan dan kewirausahaan. Setiap kelas ada 36 peserta didik yang dibagi yang menjadi enam kelompok dan masing masing kelompok diwajibkan membuat poster atau leaflet.

Rabu, 3 Mei 2023, peserta didik kelas X  mulai jam pertama bersiap untuk kegiatan outing class jam kedua sampai keenam pelaksanaan kegiatan outing class. Pada saat outing class peserta didik mengisi lembar kerja dan menuliskan temuan tentang adanya fasilitas kesehatan, pendidikan dan olahraga. Kegiatan outing class selesai peserta didik diizinkan isoma, mulai jam ke-7 peserta didik melakukan kegiatan latihan membuat gerakan senam P5 dengan iringan musik senam P5, tetapi peserta didik bebas mempunyai ide tentang gerakan senam ini diharapkan mereka bisa berkreasi dan berinovasi dalam berpikir. Selain ada persiapan lomba kreasi senam P5 peserta didik juga berlatih untuk perlombaan bola hantam. Kamis, 4 Mei 2023, jam pertama peserta didik sedang melakukan persiapan untuk lomba kreasi senam P5 dan lomba bola hantam. Sebelum kegiatan lomba dimulai seluruh peserta didik kelas X SMKN 2 Semarang dan fasilitator melakukan senam P5 di lapangan sekolah yang berada di depan perpustakaan sekolah.

Prosedur lomba senam P5 yaitu setiap kelas X wajib menampilkan dua kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 6 peserta didik, sedangkan untuk lomba bola hantam setiap kelas mewakilkan 20 peserta didik. Permainan bola hantam merupakan salah satu olahraga yang seru dan menyenangkan karena olahraga ini bisa mengajarkan peserta didik untuk bersikap jujur, sportif, sabar dan sikap kebersamaan, kekompakan bagi tiap kelompoknya. Jumat, 5 Mei 2023, peserta didik mengawali dengan persiapan lomba menyajikan makanan sehat dan menghias makanan sehat, hal ini peserta didik mempersiapkan makanan sehat yang telah dibuat dari rumah. Setiap kelas membagi kelompok menjadi 6 kelompok, jadi pesertanya dari 12 kelas dan masing-masing kelas ada 6 kelompok jadi totalnya ada 72 kelompok peserta lomba membuat makanan sehat dan menghias makanan sehat. Untuk penilaian lomba ini telah ditetapkan 5 juri yang mengajar mata pelajaran kewirausahaan yaitu Bapak Ganjar Triadi BK, S.Pd. kemudian Dra. Agni Sulistyowati, Ibu Anik Suprihatin, S.E. dan Ibu Juminem, S.Pd., serta Ibu Trias Puji Rokhani, S.Pd. Pengumuman lomba merupakan hal yang paling ditunggu oleh semua peserta didik  kelas X SMKN 2 Semarang. Hasil pemenang lomba Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tema Bangunlah Jiwa dan Raganya SMKN 2 Semarang, yang pertama lomba senam kreasi P5 Juara 1 X AKL 3/A, juara 2 X AKL 1/A, juara 3 X PM 2/A. Lomba outing class juara 1 X ULP 2, juara 2 X ULP 1, juara 3 X PPLG 1. Lomba bola hantam juara I X PPLG 1, juara 2 X MPLB 2, juara 3 X ULP 2. Lomba makanan sehat X ULP 1, X AKL 1, X AKL 3. Bagi yang juara mendapatkan piagam dan hadiah sebagai penghargaan dan penyemangat peserta didik dalam berkreasi dan berinovasi dalam perwujudan implementasi kurikulum merdeka.

 

Penulis : Acuh Suprawanti, S.Pd., Guru SMKN 2 Semarang

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang