Partisipasi SMAN 1 Bringin dalam Seleksi Paskibra Tingkat Kabupaten Tahun 2022

Secara umum pelaksanaan pembentukan Paskibraka tahun 2023, di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat merujuk pada Peraturan Presiden No. 51/2022 dan Peraturan BPIP No. 3/2022. Rekrutmen terdiri atas sosialisasi, pengumuman dan pendaftaran, sebagaimana tercantum dalam Pasal 14 sampai dengan Pasal 17 Peraturan BPIP Nomor 3/2022.

Pada tahun 2023 ini, SMA Negeri 1 Bringin juga turut berpartisipasi dalamp roses rekrutmen calon anggota paskibraka, yang diawali dari proses pendaftaran. Pendaftaran dilaksanakan dengan mengisi formulir dan mengunggah dokumen persyaratan Calon Paskibraka pada laman paskibraka.bpip.go.id.

Seleksi di tingkat Kabupaten/Kota dilaksanakan untuk memperoleh Calon Paskibraka yang akan ditugaskan di tingkat Kabupaten/Kota dan Calon Paskibraka yang akan dikirim ketingkat Provinsi. Tahapan seleksi yang ada yaitu tahap seleksi administrasi, seleksi kesehatan, seleksi parade, seleksi PIP, wasbang dan TIU, seleksi kemampuan PBB dan kesamaptaanserta seleksi kepribadian. Untuk tahap pendaftaran ini siswa SMA Negeri 1 Bringin yang berminat ada 20 siswa. Tetapi saat proses seleksi administrasi  dan kesehatan (upload berkas), hanya 17 siswa yang berhasil, sementara 3 lainnya terkendala dalam proses log in.

Tahap 1 parade calon paskibra dilaksanakan pada tanggal 20-21 April 2013 di GOR Wujil Ungaran. Dari 17 siswa  SMAN 1 Bringin yang ikut, seleksi tahap 1 lolos 9 siswa. Tahap selanjutnya adalah seleksi tes Pengetahuan Pancasila dan Wawasan kebangsaan (PIP dan Wasbang) dan Tes Intelegensia Umum (TIU) yang dilaksanakan secara on line di lab komputer SMAN 1 Bringin pada tanggal 3-4 April 2023. Dari 9 siswa SMAN 1 Bringin yang ikut semuanya lolos dan maju ke tahap selanjutnya yaitu seleksi PBB, Kepribadian, dan Kesamaptaan.

Seleksi PBB, Kepribadian dan Kesamaptaan dilaksanakan pada tanggal 3-4 Mei 2023 di Wujil dan dari 9 siswa SMAN 1 Bringin yang lolos seleksi untuk menjadi tim paskibkabupaten ada 1 siswa atas nama Fara Aditya Saputri. Untuk siswa yang lolos seleksi paskibtingkat kabupaten diharapkan berperan memberikan contoh seperti menanamkan nilai-nilai kebangsaan, cinta tanah air, dan menghargai para pahlawan bagi teman-temannya. Sementarasiswa yang belum lolos seleksi masih bisa berperan aktif di paskib tingkat kecamatan.

Penulis : Yusnita Ariansyah, S.Pd., Guru SMAN 1 Bringin.

Editor    : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.