Upacara Pelepasan Siswa Kelas XII SMK N 11 Semarang Bertaburan Piagam Penghargaan

Senin 8 Mei 2023, pagi ini matahari redup menemani kesyahduan pelaksanaan kegiatan upacara. Lapangan tengah SMKN 11 Semarang ramai  dengan siswasiswi kelas XII, berbaris rapi siap mengikuti kegiatan. Banner besar yang bertuliskan, “Pelepasan Siswakelas XII SMK 11 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023”, menjadi sebab akibat para siswa berbaris rapi memenuhi lapangan tengah SMK 11 Semarang. Devan Kalif kelas X Animasi menjadi pemimpin upacara, pembaca acara adalah SilfiKelas XI Desain Grafika. Bertindak sebagai pembina upacara yaitu kepala sekolah, Drs. Luluk Wibowo, S.ST, M.T dan dihadiri pula oleh semua wakil kepala sekolah, ketua kompetensi keahlian dan wali kelas XII, serta perwakilan orang tua siswa dari lulusan terbaik pertama dari masing-masing kompetensi keahlian.

Kegiatan diawali dengan doa bersama seluruh siswa dan bapak ibu guru. Sambutan dan pengumaman kelulusan dibacakan lantang oleh bapak Guntur Dharmawan, S.Pd., selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Disebutkan bahwa 176 siswa desain grafika, 172 siswa produksi grafika, 142 siswa multimedia, dan 71 siswa animasi dinyatakan 100% lulus. Total tersapat 561 siswa yang bersorak sorai membuat atmosfer lingkungan SMK 11 Semarang diselimuti kebahagiaan.

Acara dilanjutkan dengan amat pembina upacara. Kepala sekolah menyampaikan selamat atas kelulusan siswa kelas XII dan ini merupakan awal perjuangan untuk melangkah ke tahap berikutnya yaitu bekerja, berwirausaha, ataupun melanjutkan keperguruan tinggi. “Tetap bawa nama almamater SMK Negeri 11 Semarang di manapunkalian berada”, salah satu pesan untuk para lulusan. Usai amat dilanjutkan denganpenyematan tanda kelulusan kepada 12 siswa lulusan terbaik.

Lulusan terbaik 1, 2, dan 3 dari masing-masing kompetensi keahlian mendapatkan piagam penghargaan dari kepala sekolah. Suasana upacara semakin hikmatdan menambah rasa bangga SMKN 11 Semarang terhadap lulusan tahun ajaran2022/2023. Ke-12 siswa tersebut berturut-turut dari Yustika Bilqismatus Solihah, Destyasti Sri Puspito Widi dan Muhmmad Fakih Rakha R sebagai lulusan terbaik 1,2 dan 3 dari kompetensi keahlian Multimedia. Elvira Tri Azalia, Dias Kusumawardani danAfif Alwan Haryanto sebagai lulusan terbaik 1,2 dan 3 dari kompetensi keahlian DesainGrafika. Ranti Dewi Kurniawato, Fadilla Nur Prastiwi, Cindy Ani Puspitasari sebagailulusan terbaik 1,2 dan 3 dari kompetensi Keahlian Produksi Grafika. Muhamad Ivan Risqi Permana, Norma Aulia Rahma dan Abraham Seta Pratama sebagai lulusanterbaik 1,2 dan 3 dari kompetensi keahlian Animasi.

Usaha dan tenaga terbayarkan atas kelulusan para siswasiswi SMKN 11 Semarang, masa depan dan berbagai pengalan siap menanti. Kegiatan dilanjutkan oleh sambutanBapak Luluk Wibowo S.ST.,M.T selaku kepala sekolah, sembari menyampaikan amanatdan doa baik bagi para siswasiswi kelas XII.

Kegiatan diakhiri dengan serah terima rapport dan Surat Keterangan Lulus/SKL dari ketua kompetensi keahlian yang didampingi oleh wali kelas masing-masing. Penyerahan dokumen ini sebagai pertanda bahwa saat ini mereka sudah menjadi alumni, yang akanterus berjuang untuk mencapai versi terbaiknya masing-masing.

Gembira dan kebahagiaan ini semoga mengantarkan mereka untuk terus berjuangmeraih apa yang diimpikan. Perjuangan mereka belum berakhir, masih banyakpernjuangan-perjuangan selanjutnya untuk menanti diraihnya. Selamat kepada para siswa kelas XII atas kelulusannya, selamat menempuh perjalanan baru.


Penulis : Giwang Dinar Rahajeng dan Diyarko, SMK N 11 Semarang.

Editor    : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.