Gelar Karya Siswa Warnai Pelepasan Kelulusan Siswa SMAN 14 Semarang

Selasa, 9 Mei 2023, menjadi momen tak terlupakan bagi SMA Negeri 14 Semarang terkhusus siswa-siswi kelas XII yang telah menyelesaikan serangkaian agenda akademik dan berhak untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dengan berakhirnya masa studi mereka, sekolah melakukan acara pelepasan kelulusan untuk mengapreasiasi siswa berprestasi dari progam IPA dan IPS sekaligus mendoakan mereka agar dapat berguna bagi masyarakat luas. Sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Ibu Rina Lukitasari, memberikan ucapan selamat kepada siswa-siswi SMA Negeri 14 yang diwisuda dan berpesan untuk tetap menjaga nama baik almamater serta terus berkarya.

Beliau juga melaporkan, “Dari 319 siswa dinyatakan lulus sebanyak 318. Mudah-mudahan dengan adanya 1 siswa yang tidak berhasil bukan menjadi tanda kemunduran tetapi justru menunjukkan bahwa SMAN 14 lebih mengutamakan kualitas bukan kuantitas.” Senada dengan Ibu Rina, sebagai ketua acara pelepasan kelulusan kelas XII SMA Negeri 14 Semarang, Ibu Suspeni berharap kelas XII nantinya mampu meningkatkan kreativitasnya di jenjang pendidikan berikutnya maupun di dunia kerja dengan menjadi lulusan yang memiliki profil pelajar Pancasila pula.

Hadir pula, Bapak Kepala SMA Negeri 14 Semarang yang memberikan ucapan selamat kepada ratusan siswa yang pada hari itu diwisuda. “Mengucapkan selamat dan sukses, jalan di depan masih panjang tetaplah berjalan ke depan dengan keteguhan hati. Bawalah ilmu dan akhlak yang baik yang sudah dibekali oleh Bapak/Ibu Guru yang sangat mencintai kalian. Selamat melangkah maju anak-anaku, bawalah almamater kita SMA Negeri 14 Semarang dengan kebanggaan di dada. Dan yang terakhir permohonan maaf jika ada salah dan khilaf selama memberikan pendidikan kepada kalian,” pesan Bapak Noor Taufiq Saleh saat memberikan sambutan.

Pada kesempatan yang sama, gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) diselenggarakan untuk mewarnai momentum kelulusan siswa kelas XII. Karya siswa-siswa kelas X ditampilkan sebagai bentuk pelaporan pelaksanaan tema 3 “Gaya Hidup yang Berkelanjutan” telah sampai pada puncaknya. Produk-produk ecoprint dipamerkan dalam ajang fashion show sekaligus memberikan edukasi bahwa kreativitas dan inovasi mampu dimunculkan dari sumber daya alam di sekitar. Melihat aktivitas kelas X tersebut, Bapak Kepala SMA Negeri 14 berharap ke depannya siswa-siswi harus dengan siap dan tangguh menghadapi tantangan zaman yang terus berkembang dan berubah.

Ajang gelar karya tersebut pun juga menuai respon positif dan harapan dari Bapak Rahmadi selaku Koordinator Tema 3. Ia berkata, “Saya bangga dengan mereka karena effort yang sudah mereka tunjukan untuk menyelesaikan topik 3 ini. Dan hasil karya ecoprint yang sudah dibuat murid ke depannya bisa mereka pakai dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini secara tidak langsung mereka juga sudah mengkampanyekan untuk bisa memanfaatkan barang yang ada di sekitar rumah dijadikan barang bermanfaat seperti membuat ecoprint dengan memanfaatkan dedaunan dan barang-barang lainnya di sekitar untuk dijadikan taplak meja, kemeja, kerudung dan lain-lain.”

 

Penulis           : Muhamad Zayyinul Muttaqin, M.Pd., Guru SMAN 14 Semarang

Editor             : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang