Profil SMA Multazam IBS, Sekolah Milik Pondok Pesantren Modern di  Kota Semarang

Sekolah Generasi Entrepreneur Qura’ni Berprestasi, itulah branding SMA Multazam IBS (Islamic Boarding School) Semarang yang beralamatkan di Griya Payung Indah No. 3A, Pudakpayung, Banyumanik, Semarang. Branding tersebut berangkat dari visi SMA Multazam IBS Semarang yakni terwujudnya insan qolbu cerdas, unggul prestasi, terampil, inovatif, mandiri, dan berwawasan lingkungan.  

SMA Multazam IBS Semarang merupakan salah satu sekolah Islam yang mulai diperhitungkan di Kota Semarang. Sekolah ini berada di bawah naungan Pondok Pesantren Multazam Semarang bersama SMP Multazam yang sudah lebih dulu ada sebelumnya. Menjawab kebutuhan masyarakat akan sekolah menengah lanjutan, didirikanlah SMA Multazam IBS pada tahun 2016, dan mendapat akreditasi A di tahun keduanya berdiri, yakni pada tahun 2018. Sistem pendidikan di SMA Multazam IBS Semarang berlandas pada imtaq dan iptek dengan memadukan kurikulum nasional Kemendikbud dan kurikulum Madrasah Diniyah Pesantren. Sehingga bukan saja menjadi seorang siswa, namun mereka yang bersekolah di sini sekaligus juga seorang santri yang memiliki akhlaq yang beradab dan mampu menjawab tantangan zaman.

Menempati area seluas 4000 m2 di tengah pemukiman penduduk dan jauh dari kebisingan membuat SMA Multazam IBS Semarang menjadi tempat belajar mengajar yang nyaman dan kondusif.  Setiap pembelajaran di ruang kelas berjalan secara aktif dengan mengintegrasikan pendekatan saintifik, HOTS, literasi, dan pendidikan karakter dalam kerangka pembelajaran Abad 21. Ditunjang dengan fasilitas prima seperti gedung sekolah yang terpisah antara siswa putra dan putri, ruang kelas yang dilengkapi LCD proyektor, laboratorium fisika, kimia, biologi dan komputer. SMA Multazam IBS Semarang juga memiliki sarana dan prasarana penunjang seperti lapangan olahraga, aula serbaguna, perpustakaan, ruang UKS, kantin dan masih banyak lagi. Kelengkapan fasilitas tersebut mendukung kualitas pembelajaran dan peningkatan prestasi warga sekolah.

Dari segi Sumber Daya Manusia, SMA Multazam IBS memiliki tenaga pendidik dan kependidikan yang berkompetensi dan berintegritas. Guru sebagai pendidik yang bukan hanya mendidik dan mengajar, namun sekaligus menginspirasi melalui kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Sementara murid-murid sangat menghormati guru dan lingkungan sekitar sebagai implementasi pendidikan berbasis adab.

Sekolah mengembangkan program-program yang diintegrasikan dengan pesantren untuk meningkatkan kecakapan dan kemampuan peserta didik. Di antaranya pada bidang akademis, diselenggarakan pembinaan olimpiade, tutor sebaya, belajar malam, dan sukses seleksi masuk perguruan tinggi. Sementara pada bidang nonakademis, diselenggarakan kegiatan pengembangan diri, seperti latihan kepemimpinan dan PKP (Pengenalan Kehidupan Pesantren) dan kewirausahaan. Program kewirausahaan yang diselenggarakan antara lain minimarket Multazam Mart, pelatihan barbershop, pengolahan makanan( pembuatan sandwich, cilok, siomay, es krim, kue kering dll ), Multimedia & Jurnalistik, dimana pelaku usaha dan konsumennya adalah warga sekolah.

Di samping itu, pembiasaan akhlaq dan penanaman nilai-nilai Islam diterapkan pada program kegiatan sehari-hari seperti qiyamul lail, tadarus, mahfudzot (kosakata bahasa arab) atau vocabulary (kosakata bahasa inggris), doa dan asmaul husna setiap pagi, salat dhuha, salat berjamaah lima waktu, murojaah dan sima’an, serta pelatihan khitobah, termasuk pembiasaan menjadi muadzin dan imam salat secara bergiliran.

SMA Multazam IBS juga mengadakan berbagai ekstrakurikuler, pada ekstrakurikuler wajib yakni pramuka, murottal dan tilawatil quran. Pada ekstrakurikuler pilihan bidang olahraga (futsal dan pencak silat), bidang seni budaya (rebana, paduan suara dan seni lukis), tahfidzul quran, Paskibra, jurnalistik, KIR (Karya Ilmiah Remaja), English Club, Arabic Club, dan multimedia. Hasilnya program-program tersebut menorehkan prestasi di antaranya pertukaran pelajar dan budaya ke Korea Selatan, juara lomba cerita islam tingkat nasional, juara lomba pencak silat tingkat provinsi, juara lomba tartil tingkat provinsi, juara umum Raimuna Pramuka, juara lomba tilawah tingkat daerah, dan juara lomba videografi tingkat daerah.

Saat ini alumni SMA Multazam IBS tersebar di berbagai perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri di antaranya di Universitas Al Azhar Kairo Mesir. PTN dan Kedinasan di Indonesia melalui jalur SPAN-PTKIN, SNMPTN, SBMPTN dan UM seperti PIP Semarang,Poltekpel Malahayati Aceh, Polines, Poltekkes Semarang, Untidar, Unnes, Undip, UIN Walisongo, UIN Salatiga, IAIN Surakarta, IAIN Pontianak, dan sisanya tersebar di berbagai perguruan tinggi swasta ternama. Alumni SMA Multazam IBS juga berhasil menembus seleksi Bintara-AD Jalur Santri yang baru dibuka perdana pada tahun 2022 silam. Informasi mengenai profil dan kegiatan yang lebih lengkap dapat diakses melalui website sekolah smamultazam.sch.id dan sosial media instagram @smamultazam dan @ponpesmultazam.

Penulis : Devy Eka Nurmalasari, S.Pd., Guru SMA Multazam IBS.

Editor   : Annisa Erwindani, SPd., Guru SMA Islam Hidayatullah.