SMAN 1 Tuntang Gelar Karya Projek P5 Gaya Hidup Berkelanjutan ‘Sampah Plastik Bom Waktu Bagi Lingkungan’

Jumat, 12 Mei 2023, SMA Negeri 1 Tuntang melaksanakan Gelar Karya Projek P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan. Mengusung topik ‘Sampah Plastik Bom Waktu bagi Lingkungan’ peserta didik SMA Negeri 1 Tuntang diarahkan untuk memiliki kepedulian tentang pengolahan sampah. Gelar Karya merupakan rangkaian akhir dari projek yang dilaksanakan sejak Januari lalu. Pada tahap ini siswa diharapkan mampu membuat karya yang berhubungan langsung dengan pengelolaan sampah plastik. Setiap kelas membuat karya berupa infografis pengelolaan sampah, yel-yel hingga video kampanye tentang pengolahan sampah.

Tidak hanya itu, siswa juga mampu menerapkan tahap recycle dalam pengolahan sampah. Setiap kelompok mampu membuat produk seperti gaun, pernak-pernik, hingga kostum robot yang tentu saja dibuat dari sampah yang dapat didaur ulang. Guru menjadi tim penilai dari hasil karya peserta didik yang telah dibuat. “Program luar biasa ini selain mengukur kepedulian siswa tentang pengelolaan sampah, juga untuk melihat kreativitas mereka dalam pengolahannya,” tutur Agus Setiyono, S.Pd., M.Pd.B.I., Kepala SMA Negeri 1 Tuntang.

Salah satu program yang menarik pada program P5 Gaya Hidup Berkelanjutan adalah diadakannya challenge atau tantangan kepada seluruh warga sekolah untuk membawa botol minum dan tempat makan sendiri. Hal ini dilaksanakan untuk menekan penggunaan plastik di lingkungan sekolah. Meskipun singkat, namun program ini diharapkan menjadi pemantik kepada seluruh warga sekolah untuk ikut peduli terhadap bahaya sampah plastik untuk lingkungan. Gelar Karya Projek dilaksanakan tidak hanya peserta didik kelas sepuluh saja, namun juga siswa kelas sebelas dan juga seluruh warga sekolah yang turut menghadiri stand pameran hasil daur ulang sampah di tiap-tiap kelas.

 

Penulis : Humas SMAN 1 Tuntang

Editor   : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang