MGMP Biologi SMA Provinsi Jawa Tengah Adakan Workshop Pembelajaran Biologi yang GSM

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi SMA Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Workshop dengan tema Pembelajaran Biologi yang Berdiferensiasi dan Menyenangkan (GSM) secara luring di SMA Negeri 4 Semarang dan daring melalui zoom meeting pada Jumat, 12 Mei 2023. Kegiatan dibuka langsung oleh Sunarto, S.Pd., M.Pd., Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Jawa Tengah dengan dihadiri sebanyak 99 Guru Biologi dari berbagai SMA di Jawa Tengah secara luring dan 55 guru lainnya mengikuti secara daring. Dalam sambutan dan arahannya, Sunarto menyampaikan terima kasih serta selamat kepada komunitas MGMP Biologi SMA Provinsi Jawa Tengah yang telah membuktikan untuk tetap eksis, adaptif tumbuh berkembang dengan membuktikan mampu mengadakan sebuah workshop yang diikuti oleh banyak guru biologi SMA se-Jawa Tengah di SMA Negeri 4 Semarang. “Jadilah guru biologi yang 3E (Experiment, Experience dan Expert), ciptakan pembelajaran yang fun atau joyful learning,” ujar Sunarto.

Materi workshop disampaikan langsung oleh Tim GSM di antaranya terkait Mindset Change Guru, Coaching for Teacher dan Sharing Praktik Baik. Materi pertama mengenai Mindset Change Guru yang disampaikan oleh Muhammad Kurniawan, S.T. Dalam materinya beliau menyampaikan bahwa guru harus mengubah mindset, dari mindset lama menjadi mindset baru. Beliau juga mengajak guru untuk fokus kepada 10% konten pengetahuan, 95% soft skill dan penalaran. 95% soft skill dan penalaran terdiri dari 36% penalaran dan kreativitas, 19% social skill, 18% skill berempati pada orang lain, serta skill pengambilan keputusan dan pengelolaan sistem, menurutnya hal inilah yang dibutuhkan dunia di masa depan.

Materi kedua mengenai Coaching for Teacher yang disampaikan oleh Sri Sugianto, S.Pd., M.Si., M.Kom. Menurut Grant (1999) kegiatan coaching dalam pembelajaran didefinisikan sebagai sebuah proses kolaborasi yang berfokus pada solusi, berorientasi pada hasil dan sistematis, di mana coaches memfasilitasi peningkatan atas performa peserta didik, pengalaman hidup, pembelajaran diri dan pertumbuhan pribadi dari coaches. Pada materi kali ini para peserta diajak untuk menjadi guru sebagai peran utama, guru hadir mendengarkan dengan hati, guru memandu dengan pertanyaan berdaya bukan menasehati, pembelajaran yang dilakukan berorientasi pada masa kini dan masa depan, serta menjadikan pembelajaran sebagai alat untuk bertumbuh dan berkembang.

Kegiatan workshop yang terakhir diisi oleh Moh Ali Sadikin, S.Pd., beliau memaparkan mengenai sharing praktik baik. Sharing praktik baik ini bertujuan untuk memberikan semangat dan motivasi kepada guru-guru lain agar mau berubah dan berdampak terhadap dunia pendidikan masa depan. Kegiatan workshop ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para peserta. Menurut salah satu peserta Johan Tri Bayuntoro, S.Pd., M.Pd. menyampaikan, “Saya senang dan antusias sekali bisa mengikuti kegiatan worksho. Kegiatan kali ini benar-benar membuka pikiran saya untuk mengubah cara mengajar lama ke cara mengajar baru yang lebih menyenangkan dan bermakna.”

 

Penulis          : Tim Humas MGMP Biologi Kota Semarang

Editor            : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang