Purna Tugas Bapak Drs. Sunarno, Guru Inspiratif SMKN 10 Semarang Setelah 34 Tahun Mengabdikan Diri

SMKN 10 Semarang – Pada hari Jumat (5/5/2023) telah melaksanakan acara pelepasan purna tugas Bapak Drs. Sunarno, guru Matematika di Ruang Baita Adhi Guna SMKN 10 Semarang. Acara ini dihadiri oleh Bapak Kepala Sekolah beserta jajarannya, para guru, dan karyawan SMKN 10 Semarang.

Ibu Dra. Warni, guru Bahasa Indonesia, memberikan kata-kata perpisahan yang membuat terharu sekaligus menghibur. “Pak Narno yang selama ini saya kenal adalah orang yang baik kepada semua orang, pendiam, dan sedikit cerita selama beberapa kali saya dan rekan-rekan guru takziah bareng beliau, Alhamdulillah selalu kenyang karena sering ditraktir.” Demikian sepenggal ucapan yang menggambarkan sosok Bapak Drs. Sunarno sebagai orang yang sangat baik. Ia juga menyampaikan kekagumannya terhadap Drs. Sunarno yang selalu murah hati dalam memperlakukan rekan kerjanya.

Dalam acara pelepasan tersebut, Drs. Sunarno menyampaikan ceritanya mengenai perjalanan karirnya dari tahun 1986 sampai sekarang. “Paling berkesan ketika diberi tugas ikut tim swakelola bantuan dari Nautika bersama pak Djarot dan pak Hadi serta T. Harry, yang jelas saya merasakan keberkahan di SMK 10, walaupun secara matematika dihitung tidak cukup, tetapi saya merasakan lebih dari segalanya, maka jangan pesimis kita dibesarkan di SMK 10, meskipun mungkin orang memandang remeh.”

“Kalau terkait pekerjaan, saya teringat pesan orang tua saya, nek nyambut gawe sing temen, yang maknanya bagi saya cukup dalam, tidak pintar tidak apa-apa, tapi mau tekun, teliti, talaten bagi saya tidak ada sesuatu yang tidak bisa asal kita mau berupaya, bertanya, dan mencoba.”

Bapak Drs. Sunarno melanjutkan,“Dan prinsip sifat ikhlas, sabar, trimo selalu kita bawa meskipun saya juga belum sepenuhnya bisa, sebab dari sekian banyak teman mensuport tetapi tidak menutup kemungkinan ada satu dua yang memiliki sifat iri, dengki dan pasti ada juga yang tidak suka. Hal itu diuji dengan sifat sabar, ikhlas trimo ini tadi, 12 tahun terakhir saya harus mbetah-mbetahke untuk tetap krasan di SMKN 10 Semarang, ternyata hal yang tidak pernah saya bayangkan dan untuk tetap sabar menghadapi ujian. Semua harus dijalani dan harus dihadapi, Alhamdullah…bisa saya lalui sampai akhir.”

Lalu diujung cerita tak lupa beliau menyampaikan ucapan Terima kasih atas suport, semangat dan kerja sama dari teman-teman sehingga bisa mengemban amanah sampai dengan pensiun, juga menyampaikan permohonan maaf atas segala ucapan, tingkah laku tindak tanduk yang tidak berkenan baik yang disengaja maupun yang tidak sengaja.

Usai sambutan dari narasumber, SMKN 10 Semarang yang diwakili oleh Kepala Sekolah Bapak Ardan Siradjuddin, S.Pd. dan salah satu guru senior ibu Dra. Rodhatin, M.Si. memberikan kenang-kenangan kepada Bapak Drs. Sunarno sebagai bentuk penghargaan dan rasa terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya selama ini.

Purna tugas Bapak Drs. Sunarno telah mengabdi selama 34 tahun 1 bulan sebagai guru Matematika di SMKN 10 Semarang. Kepergiannya tentu meninggalkan kesan mendalam bagi seluruh rekan kerja dan siswa yang pernah belajar dengannya. Namun, kini saatnya bagi beliau untuk menikmati masa pensiun setelah bertahun-tahun memberikan dedikasinya dalam dunia pendidikan.

Acara pelepasan ini juga menjadi momen untuk mengapresiasi kinerja beliau selama bertugas sebagai guru di SMKN 10 Semarang. Seluruh peserta acara berharap semoga Drs. Sunarno senantiasa diberikan kesehatan dan kebahagiaan di masa pensiunnya, serta sukses dalam menjalani kehidupan selanjutnya. Terima kasih dan selamat purna tugas, Pak Drs. Sunarno.

Penulis: Anni Rahayuningsih, S.Hum. (Tenaga Perpustakaan SMKN 10 Semarang)

Editor: Tim Humas SMKN 10 Semarang