Pelepasan Siswa Kelas XII SMAN 1 Pabelan Sederhana Tapi Menyenangkan

Tiap kali ada kesuksesan entah dalam bidang apapun biasanya diikuti dengan selebrasi menggembirakan. Kelulusan peserta didik dari sekolah juga terasa tak lengkap tanpa sebuah selebrasi meskipun sederhana. Kondisi itu juga yang disuarakan oleh siswa-siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pabelan yang telah dinyatakan lulus. Salah satu alasan mereka, kegiatan ini sekali selama bersekolah mestinya bisa dikemas dengan apik tanpa memberatkan semua pihak. Manajemen sekolah harus mencari cara agar perayaan kenangan manis yang ingin digelar setelah kelulusan tetap dapat dijalankan dengan sederhana tapi menyenangkan.

Setelah melalui proses musyawarah dengan semua pihak terkait, kegiatan pelepasan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pabelan akhirnya benar-benar terlaksana. Kegiatan berlangsung pada hari Rabu, 24 Mei 2023, bertempat di beberapa kelas yang diubah seperti aula. Rangkaian acara berjalan efektif dalam waktu 2 jam dari pukul 09.00 sampai dengan 11.00 WIB. Peserta kegiatan mengenakan pakaian batik, baik guru, tenaga kependidikan, komite sekolah, perwakilan orangtua/wali dan siswa kelas XII. Bukan batik baru dan seragam, tetapi yang sudah ada tanpa harus membeli karena sejak awal disepakati, tidak boleh ada pungutan. Oleh karena itu, pelaksanaannya harus hemat dan tidak membebani semua pihak. Meskipun pakaian yang dikenakan tak seragam, suasananya justru lebih semarak.

Penyerahan siswa kelas XII oleh Kepala Sekolah berlangsung lancar. Para lulusan diserahkan kepada Komite Sekolah selaku wakil dari orangtua/wali siswa. Komite Sekolah lalu menyerahkan kepada Forum Ikatan Alumni Smansabel. Keberadaan para alumni baru yang bergabung dalam wadah IKA Smansabel diharapkan mampu menguatkan eksistensi Forum Ikatan Alumni Smansabel sehingga lebih bermanfaat. Kepala SMA Negeri 1 Pabelan, Dyah Ratnaningrum, S.Pd., dalam sambutannya mengingatkan kepada para siswa yang baru lulus untuk mengingat hal positif dalam proses pendidikan dan pengajaran selama 3 tahun di sekolah.  Banyak pengalaman dan kenangan yang tak terlupakan. Apalagi ketika belajar secara daring merupakan pengalaman baru dan unik. Belajar di tengah Pandemi Covid-19 merupakan pengalaman yang tak mungkin terulang. Terus tingkatkan kualitas diri dengan belajar dan berlatih karena belajar tidak hanya berhenti sampai jenjang SMA tetapi sepanjang hayat.

Kepala SMA Negeri 1 Pabelan juga berpesan agar motivasi belajar para lulusan baru itu tetap semangat dan dapat berlanjut ke jenjang yang lebih tinggi. Tempat belajar tidak dibatasi oleh bangunan sekolah. Apapun cita-citanya, maka jangan lupakan peran Tuhan dalam mewujudkannya. Jemputlah cita-cita dengan usaha yang sungguh-sungguh disertai ibadah yang tekun dan doa yang tulus. Keceriaan menjadi sempurna ketika seluruh  siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pabelen yang baru saja lulus itu menuju ke lapangan basket. Kepala Sekolah disaksikan para guru, karyawan, komite dan perwakilan alumni, melepas balon sebagai sebuah harapan kepada siswa-siswanya untuk menerbangkan cita-cita setinggi mungkin. Selebrasi yang sederhana itu pun berakhir. Kenangan selama 3 tiga tahun di SMA Negeri 1 Pabelan dikemas dalam prosesi pelepasan lulusan yang menyenangkan.

 

Penulis : Dyah Ratnaningrum, S.Pd., Kepala SMAN 1 Pabelan

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang