Siswa SMA N 5 Semarang Pameran Foto di Oudetrap Kota Lama

Dalam rangka memperingati hari jadi Kota Semarang ke-476, Komunitas Transformasi Kota (KOTTA) bekerja sama dengan Dewan Kesenian Kota Semarang (Dekase) menggelar pameran 476 foto karya pelajar Semarang. Pameran ini berlangsung tanggal 26 sampai 27 Mei 2023 di gedung Oudetrap, Kota Lama Semarang. Siswa SMA 5 Semarang yang tergabung dalam ekstrakurikuler sinematografi mengikuti pameran foto tersebut. Selain SMA 5, sekolah yang terlibat dalam pameran fotografi tersebut adalah SMA 16, SMA 4, dan SMA Kesatrian 2 Semarang.

Sebelumnya siswa SMA 5 Semarang yang tergabung dalam ekstrakurikuler sinematografi (Cinema V) berkesempatan mengikuti workshop fotografi yang diadakan oleh Komite Fotografi Dekase di sekolah. Sebagai bentuk tugas akhir kegiatan workshop tersebut, siswa diminta memfoto Kota Semarang. Hasil dari tugas akhir kegiatan workshop itulah yang dipamerkan dalam pameran foto bertajuk “Click” ini.

Firza Rahardian kelas XI MIPA 5 ini mengaku bangga hasil fotonya bisa ikut dipamerkan untuk memeriahkan perhelatan peringatan hari jadi Kota Semarang. “Saya lahir dan besar di Semarang. Banyak kenangan indah di setiap sudut kota ini. Saya senang bisa ikut mendokumentasikan Kota Semarang.”

Kepala SMA N 5 Semarang, Soleh S.Pd., M.Pd mendukung dan memotivasi anak-anak untuk terus berkarya sesuai minat dan bakat mereka. “Ini merupakan kegiatan positif yang perlu kita dukung dan apresiasi. Semoga dengan pameran fotografi ini anak-anak Cinema V semakin termotivasi untuk terus berlatih dan mengasah kemampuan mereka dalam bidang fotografi sesuai minat dan bakat mereka.”

Ketua Dewan Kesenian Semarang (Dekase), Adhitia Armitrianto menjelaskan bahwa pameran ini bertujuan untuk memotret transformasi Kota Semarang. Beragam fenomena berhasil terabadikan melalui jepretan kamera siswa. Mulai dari bangunan hingga aktivitas warga Kota Semarang, pemandangan alam, dan kebudayaan bisa terlihat dalam pameran fotografi ini.

Penuli : Imaniar Yordan Christy, S.Pd., guru SMA N 5 Semarang.

Editor  : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.