SMAN 16 Semarang Ikuti Pelatihan Thematic Academy 2023 di BPSDMD KOMINFO Kota Semarang

Selasa sampai dengan Kamis tanggal 23-25 Mei 2023, bertempat di Aula Sumbing Badan Pengembangan Sumber DayaManusia Daerah (BPSDMD)Provinsi Jawa Tengah, JalanSetiabudi No 201 A-Srondol Kulon- Banyumanik Semarang, Guru dan TAS SMA Negeri 16 Semarang mengikuti pelatihan Thematic Academy Digital Talent Scholarship ( TA DTS ). Kegiatan ini merupakan kerjasama BPSDMP Jogjakarta denganBPSDMD Jateng.

Pelatihan ini diperuntukkan untuk Guru dan TenagaKependidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan SekolahMenengah Kejuruan (SMK) perwakilan Instansi masing- masing. Setelah melalui tahap seleksi administrasi, peserta yang dinyatakan lolos, segera melengkapi persyaratan lebih lanjutdengan mengupload syarat – syarat pendaftaran dalam AplikasiDTS. Untuk kemudian mendapat surat tugas dari BPSDMP Kominfo Jogjakarta.

Kepala BPSDMP Kominfo Yogyakarta Chistiany JudithaS.Sos,MA memberikan sambutan dan ucapan selamat berlatihkepada para peserta yang sangat antusias dan energik respon atasterselenggaranya pelatihan Thematic Academy  ( TA ) Digital Talent Scholarship ini.

Pelatihan di bagi menjadi tiga kelas yaitu Aplikasi Perkantoranuntuk Guru Dan tenaga kependidikan, Data Science bagi Guru dan Desain Grafis untuk guru. Dalam pelatihan kali ini mengambil kelas Aplikasi Perkantoran dengan mentor Bapak Azis dari Kominfo Yogyakarta dengan jumlah 48 peserta.

Tujuan diklat ini memberikan dasar bagi peserta untuk mengolah data menggunakan  Aplikasi  Perkantoran  yang terdiri dari dan melakukan Microsof Word, Excel dan Power Point. Teori pertama mempelajari perangkat lunak pengolah kata tingkat dasar yaitu Microsof Word, berlanjut menghitung nilaimenggunakan aritmatika dan statistika dalam aplikasi spreadsheet.

Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta mendapat pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman melalui pretest , posttest, tugas harian serta mendapat teman baru. Acara diakhiri dan ditutup oleh mentor masing- masing.

Penulis : Anshori, A.Md, TAS Dapodik SMAN 16 Semarang.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd, Guru SMA Islam Hidayatullah.