SMK N 3 Semarang Adakan Pelatihan Juru Gambar Building Information Modelling 

Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan SMK Negeri 3 Semarang, SMK Negeri 4 Semarang, SMK Negeri 5 Semarang dan SMK Negeri 7 Semarang, Provinsi Jawa Tengah dalam rangka mendukung pembangunan infrastruktur, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mendorong pemanfaatan teknologi digital melalui metodologi Building Information Modelling (BIM). Kegiatan tersebut berlangsung pada Senin, 5 Juni 2023.

Implementasi ilmu Building Information Modelling (BIM) merupakan salah satu wujud perubahan paradigma dari metode membangun konvensional menuju construction 4.0. BIM merupakan ilmu konstruksi digital yang memanfaatkan data ke dalam sebuah model dengan memanfaatkan data digital sebagaimana kondisi fisik sebenarnya, proyek dapat mengidentifikasi resiko dengan optimal, efisiensi, efektifitas, transparansi dan kolaborasi antar software design konstruksi yang dapat dilaksanakan dalam BIM.

Dalam konteks pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), Presiden Republik Indonesia menyatakan agar penggunaan BIM mampu mempermudah koordinasi dan integrasi lintas sektor. Sehingga terwujud efisiensi, pengendalian manajemen pelaksanaan konstruksi hingga serah terima pemanfaatan aset. Mewujudkan pernyataan Presiden Republik Indonesia, Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksanakan Kegiatan Pelatihan Juru Gambar Building Information Modelling (BIM) yang bertempat di SMK Negeri 3 Semarang, Jalan Atmodirono Raya Nomor 7A, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah secara luring sebanyak 36 peserta yang berasal dari alumni SMK Negeri 3 Semarang, SMK Negeri 4 Semarang, SMK Negeri 5 Semarang dan SMK Negeri 7 Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Pelatihan Juru Gambar Building Information Modelling (BIM) dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2023 hingga 10 Juni 2023 yang kegiatannya dibuka secara resmi oleh Ibu Dra. Ummi Rosydiana, M.Par., Kepala SMK Negeri 3 Semarang, sekaligus Beliau menyampaikan apresiasinya atas adanya kerja sama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan SMK Negeri 3 Semarang, SMK Negeri 4 Semarang, SMK Negeri 5 Semarang dan SMK Negeri 7 Semarang dan mengungkapkan harapannya agar peserta dapat menerapkan pengetahuan dan kemampuan dalam pengaturan, pemberdayaan, dan pengawasan menggunakan sistem teknologi Building Information Modeling (BIM) mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga tahap pemeliharaan.

Penulis : Tim Teknik Konstruksi dan Properti, SMK Negeri 3 Semarang.

;”>Editor     : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.