SMA IT Bina Amal Gelar Wisuda Tahfidz Qur’an 30 Juz

Tahfidz atau menghafal Al-Qur’an merupakan suatu proses untuk memelihara, menjaga, dan melestarikan kemurnian Al-Qur’an yang diturunkan kepada Rasulullah SAW. Metode ini dilakukan dengan cara menghafal di luar kepala agar tidak terjadi perubahan dan pemalsuan serta dapat menjaga dari kelupaan baik secara keseluruhan ataupun sebagiannya. Tim guru tahfidz di bawah naungan PPTQ Bina Amal terus menerus mengupayakan, membimbing, dan memotivasi peserta didik agar mampu mencapai target hafalan.

Kegiatan wisuda tahfidz yang diselenggarakan pada Kamis,  13 April pukul 20.00-23.00 WIB. Kegiatan ini diiringi dengan Rebana Bina Amal dan Tari Sufi. Tausiyah Spesial oleh Syekh Dr. H. Arief Wardhani, Lc. M.Hum. Beliau adalah Pengasuh Tahfidz PPIT Al Hikmah Boyolali, Ulama Qiroat Indonesia, Founder MAQURAA Mesir, Pemegang Sanad 10 Qiroat Kubra Mutawatirah dan 4 Qiroat Syadzah.

Acara tersebut berhasil mewisuda 86 peserta didik SMP IT dan SMA IT Bina Amal dengan dibagi jumlah putra 38 dan jumlah putri 48. Capaian tahfidz tiap peserta didik beragam, untuk tahfidz 30 juz sebanyak 3 peserta didik atas nama Izzah Aulia (kelas 9), Az-Zahra Nurul Fathia (kelas 12) dan Fahel Ayashi Abdullah (kelas 12). Acara Wisuda berjalan dengan hikmad dan disambut antusias yang luar biasa oleh seluruh wisudawan, orang tua, termasuk semua peserta didik SMIT Bina Amal yang belum bisa menjadi wisudawan tahfidzul Qur’an. Suasana haru juga menyelimuti acara pada saat wisudawan mempersembahkan lagu “Hafidz Qur’an” sebagai penutupan.

Peserta didik yang terbiasa dalam menghafal Al Quran, secara tidak langsung dia akan lebih bisa berdisiplin dan mengatur waktu. Menghafal Al Quran mempunyai pengaruh yang baik dalam pengembangan ketrampilan dasar siswa sehingga bisa meningkatkan prestasi akademik mereka.

Harapannya dengan adanya Wisuda Tahfidz Qur’an di SMIT Bina Amal semoga banyak melahirkan generasi Qur’ani yang hebat dan berwawasan.

Penulis : Humas SMA IT Bina Amal.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.