Uji Sertifikasi Juru Gambar Bangunan Gedung & Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung Bagi Lulusan SMK Bidang Konstruksi Kerja Sama Dengan SMKN 3 Semarang

Kamis, 8 Juni 2023, diadakanlah kegiatan Pelaksanaan Uji Sertifikasi Juru Gambar Bangunan Gedung Jenjang 2 dan Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung Jenjang 3 bagi Lulusan SMK Bidang Konstruksi secara luring, bekerja sama dengan SMK Negeri 3 Semarang oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya. Dalam rangkaian pelaksanaan kegiatan Uji Sertifikasi SMK Negeri 3 Semarang, Juru Gambar Bangunan Gedung untuk lulusan 3 tahun Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB), serta Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung untuk lulusan 4 tahun Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan (KGSP). Pelaksanaan Uji Sertifikasi ini dilaksanakan dalam rangka menjalankan amanat Undang–Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, kewajiban pemilikan sertifikat bagi seluruh tenaga kerja konstruksi baik di level terampil maupun ahli. Pekerja di sektor konstruksi yang melakukan pekerjaan konstruksi wajib memiliki Sertifikat Keterampilan (SKT). Pelaksanaan Uji Sertifikasi dapat memberikan manfaat, utamanya untuk pemenuhan tenaga kerja konstruksi yang akan mendukung proses pembangunan infrastuktur massif di seluruh Indonesia.

Pelaksanaan Uji Sertifikasi dibuka dengan sambutan oleh Ibu Dra. Ummi Rosydiana, M.Par., Kepala SMK Negeri 3 Semarang, sekaligus Beliau menyampaikan apresiasinya yang mendalam kepada peserta untuk senantiasa bersemangat dan jujur dalam meningkatkan daya saing hingga mendapatkan hasil yang menyatakan bahwa peserta kompeten. Jumlah peserta yang mengikuti sertifikasi keterampilan ini sebanyak 57 peserta terdiri dari 29 peserta dari Konsentrasi keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) dan 28 peserta dari Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan (KGSP) lulusan SMK Negeri 3 Semarang. Kegiatan penutup dari Pelaksanaan Uji Sertifikasi ditutup dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara SMK Negeri 3 Semarang dengan Kementerian PUPR melalui Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya Ditjen Bina Konstruksi, yang di dalamnya berisi harapan untuk pelaksanaan uji sertifikasi dapat terus berlanjut demi melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) konstruksi serta dapat memberikan peluang lulusan SMK untuk ikut serta dalam proses pembangunan infrastruktur Semoga dengan kegiatan rutin tiap tahun ini dapat terlaksana sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

 

Penulis   : Tim Teknik Konstruksi dan Properti SMKN 3 Semarang

Editor     : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang