Gelar Karya Siswa SLBN Ungaran Dihadiri Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah

Pada hari Rabu, 14 Juni 2023, SLB Negeri Ungaran mengadakan acara gelar karya siswa. Acara ini diselenggarakan sebagai wadah untuk menampilkan karya dan bakat siswa. Selain itu gelar karya diselenggarakan sebagai wujud puncak kegiatan P5 di semester 2 tahun ajaran 2022/2023. Adapun P5 merupakan singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang merupakan bagian dari kurikulum merdeka. Mengangkat tema bhineka tunggal ika, peserta didik diminta untuk menampilkan kreasi seni maupun karya yang ada di Indonesia.

Acara gelar karya tersebut turut mengundang Bapak Abdullah dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Bapak M. Tegar Firmansyah dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, dan ibu Sukarni selaku pengawas SLB Wilayah Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I. Dalam sambutan tamu undangan tersebut, disampaikan bahwa pendidikan anak berkebutuhan khusus harus dikembangkan sesuai dengan bakat dan potensi siswa tersebut. Kondisi siswa tersebut bukan berarti harus dikasihani keberadanya, melainkan untuk difasilitasi misalnya dengan memberi kesempatan mereka unjuk gigi seperti pada gelar karya.

Fatimatuzzahra, merupakan salah satu siswa yang berani tampil di atas panggung gelar karya. Fatimatuzzahra menampilkan tari piring dengan luwes walaupun dia merupakan siswa tunagrahita. Selain penampilan tari, nyanyian, dan pantomim, juga ada parade batik Tugaru yang merupakan batik ciprat khas SLBN Ungaran. Melalui gelar karya ini, diharapkan semua siswa dapat menunjukkan sikap bangga terhadap kekayaan budaya Indonesia dan cinta tanah air. Selain itu, gelar karya di SLB Negeri Ungaran juga bertujuan untuk menunjukkan ke masyarakat bahwa di balik keterbatasan yang dimiliki, anak berkebutuhan khusus juga bisa mengukir prestasi.

 

Penulis   : Humas SLBN Ungaran

Editor     : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang