Studi Tiru SMK Palapa di SMKN 10 Semarang

Semarang, Kamis, 15 Juni 2023 – SMKN 10 Semarang menerima kunjungan dari SMK Palapa Semarang. Dalam acara tersebut, Kepala SMK Palapa Semarang, Muslimin, beserta tim humasnya hadir. Tidak ketinggalan, Kepala Sekolah SMKN 10 Semarang, Ardan Sirodjuddin, juga turut hadir untuk menyambut kedatangan tamu mereka.

Kunjungan ini merupakan langkah awal dalam proses penjajakan kerjasama antara kedua sekolah. SMK Palapa Semarang menunjukkan minatnya terhadap perkembangan pesat yang dicapai oleh SMKN 10 Semarang dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Kepala SMK Palapa Semarang, Muslimin, mengungkapkan ketertarikannya terhadap prestasi dan inovasi yang telah dilakukan oleh SMKN 10 Semarang. Ia menyampaikan kekagumannya atas reputasi yang baik yang telah dibangun oleh sekolah tersebut dan berharap dapat belajar dari pengalaman mereka.

Salah satu topik utama yang dibahas adalah penerapan ulangan tanpa kuota. SMKN 10 Semarang telah berhasil menerapkan sistem ulangan yang lebih murah karena tidak menggunakan paket data. Sistem ulangan ini mampu menekan anggaran sekolah lumayan besar.

Selain itu, pertemuan ini juga membahas cara menggerakkan guru untuk menulis. SMKN 10 Semarang telah mendorong para guru untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka melalui penulisan artikel dan buku. Dalam pertemuan ini, SMK Palapa Semarang menyatakan minatnya untuk mengadopsi program yang sama dan memotivasi guru-guru mereka untuk turut aktif dalam menulis.

Membahas branding sekolah juga menjadi fokus dalam pertemuan tersebut. SMKN 10 Semarang telah berhasil membangun citra positif dan reputasi yang baik melalui berbagai kegiatan promosi dan upaya branding yang kreatif. SMK Palapa Semarang berminat untuk belajar dari pengalaman tersebut dan berencana untuk meningkatkan upaya branding sekolah mereka sendiri.

Permasalahan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) juga dibahas dalam pertemuan ini. SMKN 10 Semarang menawarkan program PPDB Aliansi dimana sekolah swasta bisa bergabung di dalamnya. Program yang ditawarkan adalah sekolah swasta diberi kesempatan promosi di seminar PPDB yang dilaksanakan oleh SMKN 10 Semarang, bergabung dalam grup Telegram PPDB dengan jumlah siswa SMP yang ikut berjumlah ribuan dan promosi PPDB di website SMKN 10 Semarang dan Grup Telegram.

Selain itu, program kawal kuliah dan kawal wirausaha juga menjadi perbincangan hangat dalam pertemuan ini. SMKN 10 Semarang telah berhasil meluncurkan program kawal kuliah yang memberikan bimbingan dan pendampingan kepada siswa dalam meraih kesuksesan di dunia perkuliahan. SMK Palapa Semarang berminat untuk mengadopsi program serupa dan meluncurkan program kawal wirausaha yang dapat mempersiapkan siswa untuk menjadi wirausaha yang sukses di masa depan.

Kedua belah pihak sepakat untuk menjelajahi kemungkinan kolaborasi dalam hal-hal yang telah dibahas dalam pertemuan ini. Mereka berharap dapat saling mendukung dan berbagi sumber daya serta pengalaman guna meningkatkan kualitas pendidikan di kedua sekolah.

Penulis : Humas SMKN 10 Semarang