Latihan Dasar Kepemimpinan Staff Batalyon Taruna

SMK Pelayaran Wira Samudera mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi calon Staff Batalyon Taruna bagi kelas X dan XI selama tiga hari, yang dimulai dari hari Jumat (9/6) sampai Minggu (11/6) dan diikuti oleh 21 peserta yang semuanya merupakan taruna dan taruni SMK Pelayaran Wira Samudera. Dalam kegiatan ini, calon Staff Batalyon taruna diajarkan bagaimana cara berorganisasi dan penguatan karakter sebagai taruna pelayaran melalui beberapa kegiatan yang telah disiapkan oleh Ketarunaan dan Pengasuh Taruna.  

Kegiatan Pemilihan calon staff batalyon taruna ini memiliki nama satuan batalyon taruna, yakni “Tirta Amerta Wira Brata” nama ini diambil dari bahasa sansekerta yang bermakna perjalanan seorang ksatria untuk mendapatkan air kehidupan (ilmu bermanfaat) dengan cara menjalani laku utama (tindakan mulia) demi tercapainya kesempurnaan hidup materiil dan spirituiil, lahir batin, dunia dan akhirat. Tujuan dari kegiatan tersebut ialah untuk pembentukan karakter seorang pemimpin yang didasarkan pada Sapta Prasetya Taruna dan Ikrar Batalyon Taruna, agar taruna mengetahui serta memahami dasar-dasar  kepemimpinan.

Latihan dasar kepemimpinan staff batalyon taruna merupakan agenda tahunan dibidang ketarunaan SMK Pelayaran Wira Samudera. Generasi muda, khususnya para taruna merupakan penerus cita-cita perjuangan bangsa. Berkaitan dengan hal tersebut, sekolah mengembangkan wadah pembinaan generasi untuk taruna agar mempunyai bekal yang cukup untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab kesiswaan di sekolah maupun untuk kehidupan nantinya.

Selama kegiatan berlangsung, taruna dan taruni tetap menjaga semangat dan antusias nya selama mengikuti serangkaian kegiatan yang dimulai dari wawancara, makrab dengan para alumni SMK Pelayaran Wira Samudera, renungan malam, long march, dan kegiatan akhir dengan adanya upacara penutupan latihan dasar kepemimpinan (LDK) serta mandi laut sebagai ciri khas Taruna Pelayaran yang dilaksanakan di Pantai Cipta Kota Semarang.

Penulis: Karisma Sari Wulandari, S.Pd, Guru SMK Pelayaran Wira Samudera