Akselerasi Transformasi Digital Di Sekolah (Materi Workshop Review KTSP-KOSP SMA N 16 Semarang)

Guru pada era sekarang wajib melek digital, hal ini menjadipenting untuk mewujudkan transformasi digital. Hal tersebut merupakan salah satu hal penting yang telah disampaikan Dr.H. Siswanto, M.Pd., selaku Kepala Cabang Dinas Wilayah I Provinsi Jawa Tengah pada pembukaan Workshop Revisi danReview KTSP – KOSP di SMA Negeri 16 Semarang. Kegiatan workshop ini dilaksanakan pada 20 – 21 Juni 2023. Hadir pada kegiatan ini antara lain KCD I, Pengawas SMA, dan komite sekolah.

Beberapa inovasi yang dapat dilakukan guru dalam menyongsong transformasai digital antara lain pengembangan media pembelajaran digital, bertujuan untuk menyediakan konten-konten peserta didik, guru, dan masyarakat. Guru jugaharus mampu memanfaatkan aplikasi pembelajaran, dan memanfaatkan media sosial seperti IG, Fb, Podcast, dll. Komitmen mewujudkan merdeka belajar, pentingnyapenguatan kemandirian, berpikir kritis, kecakapan, menjadi perhatian khusus seiring perkembangan dunia digital.

Menurut Kepala SMA N 16 Semarang, Dr. Sri Wahyuni, M.Pd, guru dan karyawan di sekolah akan turut berperan mewujudkan transformasi digital ini. Budaya organisasi dan kemitraan menjadi beberapa upaya mewujudkan transformasi digital tersebut.  Hal ini juga sangat terkait dengan upaya mewujudkan Merdeka Belajar di lingkungan sekolah khususnya SMA N 16 Semarang.

Pada sesi  Review KTSP-KOSP diisi oleh pengawas SMA yaitu Drs. S. Panca Mulyadi, M.Pd, dokumen KTSP danKOSP agar digunakan sebagai landasan pelaksanaan kegiatan pembelajaran di tahun pelajran 2023-2024. Sedangkan IbuDra. Galuh Wijayanti, M.Pd memberikan review tentang penyusunan dokumen KOSP yang mudah dan sistematis. Pada kesempatan ini beliau memberikan motivasi kepada guru karyawan untuk terus meningkatkan budaya positif dalam meberikan  pelayanan kepada peserta didik.

Penulis : Dra. AMS Endang Martuti, Guru SMA Negeri 16 Semarang.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.