Workshop PJBL SMKN 3 Semarang

SMKN 3 Semarang, Kamis, 22 Juni 2023, Mengadakan kegiatan Workshop Perancangan Pembelajaran Model Project Based Learning. Kegiatan ini dimulai pukul 07.45 WIB yang bertempat di Aula Teknik Elektronika dengan sasaran yaitu seluruh guru SMKN 3 Semarang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pengawas Pembina Ibu Dra. Ratna Setyahandani, M.Pd, Ibu Dra. Sri Maryati, MT, Bapak Drs. Pandoyo Edi Hartomo, M.Pd. Selanjutnya Prof. DR. Samsudi., M.Pd dari Unnes sebagai narasumber yang akan memandu para peserta dalam kegiatan workshop ini.

Acara dibuka oleh pembawa acara yang diawali dengan Do’a, dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Ini adalah langkah kita sebagai guru untuk menerapkan metode pembelajaran model project based learning. Disini kita akan sama-sama belajar merancang dan menerapkan metode ini kepada peserta didik agar dalam melaksanakan pembelajaran siswa tiak merasa bosan” pungkas kepala SMKN 3 Semarang, Ibu Dra. Ummi Rosydiana, dalam sambutannya.

Pada kegiatan inti, Bapak Prof. DR. Samsudi.,M.Pd menyampaikan materi tentang Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Penyusunan KUK dan Job Sheet. Setelah penyampaian materi, peserta diminta melakukan kerja kelompok untuk penyusunan KUK dan Job Sheet berdasarkan mata pelajaran yang diampu masing-masing peserta. Setelah selesai, kegiatan diteruskan dengan presentasi hasil kerja yang telah dibuat  kelompok setiap perwakilan mata pelajaran.

Pada akhir kegiatan, narasumber menyimpulkan hasil kegiatannya. Narasumber juga memberikan motivasi dan semangat kepada guru-guru untuk menerapkan PjBL di dalam pembelajaran agar meningkatkan kualitas dan motivasi belajar siswa.

Para peserta sangat antusias dan bersemangat dalam kegiatan ini, karena PjBL sangat membantu dalam proses pembelajaran.