SMAHA  Gelar Workshop Clasroom Management

Kelas merupakan lingkungan sosial yang memengaruhi perilaku dan hasil belajar peserta didik, sebab kelas yang didesain untuk memaksimalkan aktivitas belajar akan memotivasi peserta didik untuk memperoleh hasil belajar semaksimal mungkin. Oleh sebab itu, manajemen kelas (classroom management) memegang peranan yang sangat menentukan dalam proses belajar mengajar. 

Dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal untuk siswa, SMAHA mengadakan workshop Penguatan Clasroom Management. Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, 27 Juni 2023 ini diikuti oleh seluruh guru mapel di ruang meeting. 

Ibu Nurina, S.Psi., M.Psi., Psikolog, CHA, CGA., atau yang akran disapa Bunda Ririn hadir sebagai narasumber dalam workshop ini. Beliau membuka kegiatan dengan menjelaskan fase usia anak dengan cara mendidiknya. “SMA merupakan fase anak membenturkan norma/tatanan yang ada di rumah dengan yang ada di sekolah. Untuk itu, perlu adanya visi dan misi yang sama antara orang tua dan sekolah. Jika anak berbuat salah, itulah human error. Jadi, sebagai guru kita bisa menawarkan solusi ke orang tua”, tutur Bunda Ririn.

Menurut Bunda Ririn, seorang guru harus memiliki empat potensi yaitu 1) Profile yang positif, hal tersebut tercermin melalui fisik seorang guru; 2) Performa kerja yang meliputi tanggung jawab, disiplin, jujur, dan always smart; 3) Personality yang meliputi kognisi (implementasi berfikir), afeksi (aspek perasaan), dan konasi (kecenderungan berperilaku); serta 4) Soft Skill meliputi keterampilan komunikasi, empati, dan jiwa kepemimpinan.

“Jika anda mendidik murid Anda dengan sepenuh hati, maka kelak anak Anda akan dididik langsung oleh malaikat”, pesan Bunda Ririn kepada guru SMAHA. Kegiatam diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Penulis : Annisa Erindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.