Pagi Cerah, Siswa SMAHA Masuk Sekolah

Senin, 17 Juli 2023, suasana di SMAHA (SMA Islam Hidayatullah) tampak ramai sekali. Ya, pagi ini merupakan hari pertama masuk sekolah di tahun ajaran 2023/2024. Pengurus OSIS terlihat sibuk mempersiapkan pelaksanaan upacara bendera dan pembukaan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) bagi siswa baru. Bapak ibu guru menyambut dengan gembira kedatangan siswayang cerah ceria hadir ke sekolah. 

Kegiatan pagi diawali dengan upacara yang diikuti seluruh siswa kelas X, XI, dan XII serta bapak- ibu guru dan staff/karyawan. Di sela amanat pembina upacara, Ibu Etik Ningsih, S.Pd., selaku Kepala SMAHA membuka MPLS dengan menerbangkan balon. “Balon ini akan terbang tinggi, setinggi cita-cita kalian. Semoga Allah Subhanahu Wata’ala memudahkan kalian dalam mewujudkannya”, tutur beliau.

Setelah upacara selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan beberapa pengumuman untuk kelas XI dan XII, serta MPLS hari pertama untuk kelas X. MPLS dihandle oleh OSIS di aula. Kedua kegiatan tersebut terlaksana dengan lancar dan sukses.

Kegiatan terakhir kelas X yaitu melanjutkan MPLS di aula. Sedangkan kelas XI dan XII mendapatkan pembinaan dari wali kelas yang dilaksanakan di ruang kelas masing-masing. Sesi pembinaan wali kelas ini bertujuan untuk memberikan penguatan karakter kepada siswa. Dalam hal ini banyak ragam tema yang sengaja dipilih oleh tim kesiswaan. Bu Wied selaku Waka Kesiswaan menuturkan, “Penguatan karakter ini memiliki banyak tujuan antara lain membantu siswa beradaptasi kembali dengan budaya sekolah, menumbuhkan motivasi dan semangat belajar, mengembangkan interaksi positif kembali antarsiswa dan warga sekolah lainnya, serta menumbuhkan perilaku positif lainnya. Penguatan karakter ini akan dilaksanakan secara kontinyu,  karena pembentukan karakter hakikatnya adalah pembiasaan”. Tema-tema yang nanti akan disampaikan kepada siswa antara lain penguatan karakter Budaya Islami (Bushi), anti perundungan, anti pergaulan bebas dan Napza (Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya), tahsin dan simulasi ibadah, serta penguatan BLP (Building Learning Power). “Dengan konsep dan pemahaman siswa yang kuat serta keteladanan bapak ibu guru & staf Smaha, kami yakin para siswa akan terbiasa dan akhirnya memiliki budaya karakter islami yang sejurus dengan karakter profil pelajar Pancasila” imbuhnya.

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.