SMAZAM Sambut Santri Baru Dengan PKP

Peserta didik baru yang memasuki jenjang sekolah baru (SMP/SMA) biasanya mengalami kesulitan dalam beradaptasi. Hal ini dikarenakan jenjang sekolah sebelumnya memiliki pola dan kebiasaan yang berbeda. Oleh sebab itu, peserta didik perlu diperkenalkan dengan lingkungan belajar baru mereka agar dapat beradaptasi dengan baik. Sehingga, peserta didik baru tersebut dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik pula. Pondok Pesantren Multazam IBS Semarang juga melaksanakan program pengenalan pondok pesantren kepada santri baru. Kegiatan ini disebut dengan Pendidikan Karakter Pesantren (PKP). Pendidikan Karakter Pesantren (PKP) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pesantren Multazam Semarang dalam rangka menyambut kedatangan santri baru. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan karakter pesantren dalam diri santri, memperkenalkan profil dan akhlak pesantren, serta untuk mengetahui bakat yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik. Kegiatan yang dilaksanakan mulai hari Senin, 3 Juli 2023 sampai dengan Senin, 11 Juli 2023 ini dilangsungkan di tempat yang berbeda setiap harinya, seperti Aula Al- Baroroh, Zilla Meeting Room dan lapangan pondok.

PKP diawali dengan kegiatan Pekan Taaruf, tujuannya adalah agar peserta didik baru saling mengenal satu sama lain. Mulai dari Pimpinan Pondok Pesantren, Ketua Yayasan, Kepala Sekolah, guru, asatidz, staf tendik, dan teman-teman seperjuangannya. Tidak hanya itu, peserta didik baru juga diperkenalkan dengan kegiatan-kegiatan yang akan mereka lakukan selama menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Multazam. Setelah kegiatan pekan taaruf, peserta didik melanjutkan dengan rangkaian acara lainnya, seperti  Pengenalan Sejarah Pondok, Pendidikan Karakter, Pengenalan Tilawah Al-Qur’an, Pengenalan Bahasa dan Materi Kepemimpinan, serta kegiatan outbond bagi santri SMP dan petualangan “Mencari Jejak” bagi santri SMA. Kegiatan juga dimeriahkan dengan berbagai macam lomba yang dapat mengasah bakat santri, yaitu lomba MTQ, lomba rangking 1, lomba sepak bola, lomba fashion show, dan lomba nasyid. Kegiatan dilaksanakan oleh panitia PKP, dibantu oleh OSMA (Organisasi Santri Multazam).

Pendidikan Karakter Pesantren (PKP) ditutup dengan kegiatan pawai yang diikuti oleh seluruh santri Pondok Pesantren Multazam. Pawai bertujuan untuk mempererat kebersamaan dan kekompakan para santri untuk melaksanakan kebaikan yang dapat membawa kemaslahatan umat, termasuk dalam usaha dakwah dan syiar Islam. “PKP ini diharapkan dapat membuka pemikiran peserta didik tentang lingkungan pondok pesantren yang sebenarnya tidak menyeramkan seperti mindset anak muda jaman sekarang. PKP ini juga dapat menambah wawasan tentang ilmu agama Islam, seperti tata cara sholat yang benar, pembenaran bacaan Al-Qur’an dan cara menjaga kebersihan. Selain mendalami tentang ilmu agama Islam, Pondok Pesantren Multazam juga memiliki sarana untuk mengembangkan bakat bebrbahasa asing (bahasa Arab dan bahasa Inggris) serta bakat entrepreneur dalam diri peserta didik,” ujar Ustadzah Sirotun Nabawiyah, S.Ak., selaku ketua panitia kegiatan PKP.

 

Penulis : Nabila Aisya Ramadhani, Nabila Yasmine Nur Aisyah, Najma Nuzula Firdaus

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang