DIKCADA SMANSABEL Mencetak Dewan Ambalan yang Kapabel

Kegiatan Diklat Dewan Ambalan merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Pabelan (Smansabel) Kabupaten Semarang yang juga menjadi agenda tahunan.  Pada hari Rabu sampai Jumat, tanggal 12, 13 dan 14 Juli 2023 dilaksanakan kegiatan diklat pengurus Dewan Ambalan Wira Wiyata Puspa Wiyata dengan tema “Menjadikan Kader Pramuka yang Kreatif, Adaptif, Inovatif dan Kapabel.” Kegiatan dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pembekalan kepemimpinan pada calon Anggota Dewan Ambalan tahun ajaran 2023/2024. Sebagaimana diketahui bersama bahwa gerakan pramuka adalah gerakan pendidikan yang bertujuan untuk mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia menjadi tenaga kader pembangunan di segala bidang dengan menggunakan prinsip dasar dan metode pendidikan kepramukaan.

Kegiatan diklat Dewan Ambalan yang berlangsung selama tiga hari tersebut diawali dengan apel pembukaan pada Rabu, 12 Juli 2023 pukul 13.00 WIB, bertempat di  SMA Negeri 1 Pabelan. Ibu Kamabigus SMA Negeri 1 Pabelan, Dyah Ratnaningrum, S.Pd. dalam sambutannya menyampaikan, “Kegiatan Dikcada adalah sarana mencari ilmu untuk bekal menjadi seorang pemimpin. Jadilah pemimpin yang dapat mendorong, menggerakkan dan mengarahkan sebuah tim agar maju dan dapat mencapai tujuan.” Di akhir sambutannya Kamabigus membuka kegiatan Perkemahan Dikcada. Selain itu, hadir juga para Kakak-kakak pembina pramuka, para panitia dan  serta calon Anggota Dewan Ambalan Wira Wiyata Puspa Wiyata Tahun Pelajaran 2023/2024 yang siap dilantik. Setelah apel pembukaan usai, dilanjutkan pemberian materi diklat yaitu tentang materi kepramukaan, kepemimpinan, keorganisasian, dan baris-berbaris.

Tujuan diadakannya Diklat Ambalan Wira Wiyata Puspa Wiyata  Smansabel adalah untuk, pertama menanamkan semangat aktualisasi meyakini terhadap Allah SWT, menumbuhkan kader-kader pramuka yang mempunyai antusiasme tinggi terhadap gerakan pramuka. Kedua, membangun semangat persaudaraan dikalangan pramuka penegak ambalan Wira Wiyata Puspa Wiyata. Ketiga memberikan kegiatan bagi pramuka penegak yang bersifat edukatif, rekreatif, produktif dan terakhir sebagai realisasi progam kerja dewan ambalan SMA Negeri 1 Pabelan. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan adalah 40 siswa terdiri dari kelas X dan kelas XI serta kurang lebih 15 siswa dari kelas XII Dewan Ambalan yang berasal dari kelas XII berperan sebagai kakak tingkat. Puji syukur ke hadirat Allah SWT kegiatan perkemahan Dikcada yang berlangsung selama tiga hari dapat berjalan dengan lancar dan telah dilantik juga Dewan Ambalan yang baru oleh Pembina Pramuka SMA Negeri 1 Pabelan. Semoga Dewan Amabalan periode 2023/2024 bisa melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

 

Penulis : Humas SMAN 1 Pabelan

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang