MPLS Smansabel Berlangsung Khidmat dan Bersahabat

 

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS)  merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Masa orientasi lazim dijumpai di tingkat SMP dan SMA. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater kepada peserta didik baru. MPLS pada tahun ajaran 2023/2024 di SMA Negeri 1 Pabelan (Smansabel) Kabupaten Semarang, diikuti oleh 214 anak Peserta Didik Baru. Kegiatan MPLS tahun ini memiliki tema “Bangga dan Bergembira Bersekolah untuk Perwujudan Profil Pelajar Pancasila”. 

MPLS diarahkan untuk membangun lingkungan pembelajaran yang menyenangkan, menanamkan kebanggaan dalam lingkungan pembelajaran yang menjunjung tinggi toleransi, mencegah berbagai bentuk perundungan/bullying dan radikalisme, bergerak, dan berkolaborasi dengan seluruh warga satuan pendidikan, berinovasi selaras dengan era revolusi industri untuk pencapaian prestasi terbaik guna terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.

Kegiatan ini dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering digunakan sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru, hingga karyawan lainya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah. Adapun beberapa kegiatan di dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ini adalah:

a. Materi Visi Misi Sekolah yang disampaikan oleh Ibu Kepala Sekolah Dyah Ratnaningrum, S.Pd.;

b. Materi kurikulum disampaikan oleh Bapak Suwarno, S.Pd., M.Or. selaku Waka Kurikulum;

c. Materi Kesiswaan disampaikan oleh Bapak Subagyo, S.Pd, M.Si. selaku Waka Kesiswaan;

d. Materi Kewirausahaan dan Ekonomi kreatif disampaikan oleh Tim FEBI Universitas Islam Negeri Salatiga;

e. Materi Self Improvement disampaikan oleh Tim FISKOM Universitas Kristen Satya Wacana;

f. Materi Kepemimpinan dan Dasar Dasar Baris berbaris disampaikan oleh Brigadir Anggoro Islam.

Pelaksanaan MPLS tahun ini dilaksanakan pada tanggal 17-21 Juli 2023 dibuka dengan kegiatan Upacara Bendera hari Senin dan diakhir dengan kegiatan jalan sehat, outbound di lingkungan sekitar sekolah serta ditutup dengan penampilan beberapa ekstrakurikuler sekolah. Kegiatan ini dipandu oleh panitia MPLS SMA N 1 Pabelan yang terdiri dari Guru dan Tenaga Kependidikan serta kelompok siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Mengacu pada Permendikbud nomor 18 tahun 2016, tujuan dari pelaksanaan MPLS secara umum adalah :

1. Mengenali potensi diri siswa baru.

2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;

3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;

4. Mengembangkan interaksi posifit antarsiswa dan warga sekolah lainya;

5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Secara umum, MPLS di SMA Negeri 1 Pabelan berjalan lancar, khidmat, berkesan dan bersahabat. Dinamika yang terjadi selama kegiatan MPLS tersebut mencerminkan kebersamaan dan unjuk kreativitas dari peserta didik baru bersama para Narasumber, warga sekolah dan para panitia pelaksana.

Penulis : Humas SMAN 1 Pabelan.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.