SMA N 16 Semarang Jalan Sehat di Danau BSB

Jalan sehat atau bisa disebut juga jalan santai merupakan olahraga ringan yang menjadi media untuk berkumpul dan membangun komunikasi antar warga sekolah. Jalan sehat juga dilaksanakan oleh SMAN 16 Semarang pada hari Jumat (7/7/2023) pukul 06.30 – 09.00. Jalan sehat dilaksanakan di Danau BSB dan didampingi oleh Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd. selaku kepala sekolah. Kegiatan jalan sehat diikuti oleh seluruh guru, staf dan karyawan SMAN 16 Semarang serta mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 dari Universitas Negeri Semarang.

Perjalanan menuju Danau BSB sangatlah menarik karenamelewati hutan pohon jati nan begitu rimbun. Kegiatan jalan sehat merupakan bagian dari kegiatan rutin jumat sehat. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan jasmani bagi warga sekolah SMAN 16 Semarang. Meningkatkan kesehatan tubuh bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satu cara yang paling mudah adalah dengan melakukan jalan sehat. Meski terkesan sederhana, jalan kaki atau jalan santai mengitari Danau BSB memberikan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan tulang, mengurangi stres, hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, jalan sehat dapat meningkatkan kekuatan otot dan sendi, serta menyehatkan jantung dan otak. Jalan sehat diikuti secara antusias oleh sekolah SMAN 16 Semarang karena hal ini berbeda dengan jumat-jumat sebelumnya. Kegiatan ini juga meningkatkan kekeluargaan dan kekompakan bagi guru, staf dan karyawan SMAN 16 Semarang.

Harapan ke depan lebih banyak kegiatan lain terkait Jumat sehat sehingga akan lebih banyak variasi kegiatan yang akan dilaksanakan. Semoga dengan adanya kegiatan jumat sehat akan  meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan warga sekolah SMAN 16 Semarang sehingga mampu menjalankan tugas dengan lebih baik. Semoga kita semua terhindar dari berbagai penyakit.

Penulis : Hetik Wulandari, S.Pd., Mahasiswa PPL PPG UNNES  Gelombang 2 SMA Negeri 16 Semarang.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.