SMAHA Bekali Siswa Siap AKM

Asesmen Kompetensi Minimum atau yang disebut AKM merupakan bagian dari Asesmen Nasional (AN) yang menggantikan Ujian Nasional (UN). Kebijakan yang dibuat oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini tentunya menuntut perubahan yang signifikan di dunia pendidikan. 

 SMAHA terus berupaya dalam meningkatkan mutu pendidikan. Salah satunya yaitu memberikan sosialisasi AKM kepada siswa. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan pembekalan sekaligus gambaran kepada siswa terkait AKM. 

Sosialisasi AKM dilaksanakan pada Jumat, 21 Juli 2023. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas XI dan XII di ruang meeting. Pembicara dalam kegiatan ini yaitu Ibu Suwarni, M.Pd.  Beliau merupakan guru Bahasa Indonesia SMAHA sekaligus tim penulis soal AKM.

“Soal dalam AKM berbasis teks, sehingga kalian perlu mengasah kemampuan literasi dan perbanyak latihan soal”, tutur Bu Suwarni. Beliau memberikan tips dalam mengerjakan soal AKM, yaitu cari kata kunci, berlatih skimming dan scanning, fahami informasi, serta bandingkan dengan pilihan jawaban. Tidak hanya itu, beliau juga memberikan contoh soal AKM disertai dengan pembahasannya.

“Sosialisasi ini sangat bermanfaat, melalui kegiatan ini saya menjadi tahu  tentang AKM, sehingga saya mempunyai gambaran untuk mengerjakan AKM”, tutur Laila R, siswa kelas XI.

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.