SMKN 2 Semarang Sosialisasikan Profil, Program Sekolah & MPLS  ke Orang Tua/Wali Siswa Kelas X Tahun Pelajaran 2023/2024

Dalam rangka menyambut awal tahun pelajaran 2023/2024 SMK Negeri 2 Semarang menyelenggarakan Sosialisasi Program Sekolah dan pelaksanaan MPLS kepada orang tua atau wali siswa baru kelas X pada hari Jumat, 14 Juli 2023, di aula sekolah. Kegiatan sosialisasi program sekolah dan MPLS tersebut dilaksanakan dua sesi, yakni sesi pertama dimulai pukul 09.00 sampai dengan 10.00 WIB untuk orang tua atau wali siswa kelas X kompetensi keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga ( AKL) dan Pemasaran (PM). Sesi ke dua dimulai pada pukul 10.00 sampai dengan 11.00 WIB untuk orang tua atau wali siswa kelas X kompetensi keahlian Usaha Layanan Pariwisata (ULP), Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) dan Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG). Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Ketua Komite Sekolah, yakni Ibu Hindun, S.Sos., M.M., Kepala SMK Negeri 2 Semarang, Sri Suwarno, S.Pd., M.Pd., wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Darsini, M.Pd., Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Heru Tri Septiyanto, S.Pd., wakil kepala sekolah bidang Humas dan HKI, Sulistyawati, S.Pd., M.Si., wakil kepala sekolah bidang sarpras dan ketenagakerjaan, Siswanto, S.E., ketua kompetensi keahlian AKL, Ema Charolina Paembonan, S.E, M.Akt., ketua kompetensi keahlian MPLB, Suliarsi, S.Pd., ketua kompetensi keahlian PM, Joko Suryanto, S.Pd., ketua kompetensi  keahlian ULP, Sukarni, S.E., ketua kompetensi keahlian PPLG, Hendri Puryantono, S.Pd., koordinator BK, Ariswati, S.Pd., dan koordinator kelompok umum, Sri Wahyuni, S.Pd. Orang tua atau wali siswa kelas X sebanyak 432 orang hadir pada kegiatan sosialisasi program sekolah dan pelaksanaan MPLS sesuai jadwal yang ada pada surat undangan.

Adapun tujuan kegiatan sosialisasi program sekolah dan pelaksanaan MPLS adalah untuk menyampaikan informasi awal tentang program sekolah dan pelaksanaan MPLS yang akan diikuti oleh seluruh siswa baru kelas X pada hari Senin, Selasa dan Kamis, 17, 18 dan 20 Juli 2023. Di samping itu juga untuk memperkenalkan komite sekolah dan juga tim manajemen SMK Negeri 2 Semarang kepada orang tua atau  wali siswa kelas X. Kegiatan diawali dengan sambutan dari ketua komite sekolah, Ibu Hindun, S.Sos., M.M. (mantan lurah Karangturi kecamatan Semarang Timur) dengan ucapan selamat atas diterimanya putra putri bapak/ibu orang tua/wali siswa kelas X yang telah diterima di SMK Negeri 2 Semarang dan juga ajakan untuk bersyukur atas nikmat dan karunia yang diberikan oleh Tuhan yang Maha Esa. Dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis siswa sejumlah 432 orang kepada pihak sekolah yang diterima langsung oleh kepala SMK Negeri 2 Semarang, Sri Suwarno, S.Pd., M.Pd. Acara dilanjutkan dengan sambutan kepala sekolah yang diawali dengan perkenalan tim manajemen sekolah dan dilanjutkan dengan paparan deskripsi informasi tentang SMK Negeri 2 Semarang dan juga program sekolah. Untuk pelaksanaan MPLS disampaikan oleh wakil kepala bidang kesiswaan, Heru Tri Septiyanto, S.Pd. termasuk disampaikan juga tentang tata tertib sekolah. Setelah itu diadakan tanya jawab. Dalam sambutannya, kepala sekolah menyampaikan tentang sekolah gratis dan tidak pungutan apapun di sekolah termasuk tentang pengadaan seragam sekolah. Ditekankan bahwa sekolah tidak menyediakan seragam sekolah. Orang tua atau wali siswa tidak diharuskan membeli seragam. Bila akan membeli seragam, maka dipersilakan untuk membeli sendiri di luar secara sukarela. Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan tidak ada kendala suatu apapun.

 

Penulis : Sri Wahyuni, S.Pd., Guru SMKN 2 Semarang

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Bawen