Workshop Implementasi Kurmer SMK Hidayah Semarang

Dalam rangka mengoptimalkan implementasi Kurikulum Merdeka di tingkat SMA/SMK/MA, workshop implementasi kurikulum merdeka dan pembelajaran berdiferensiasi dilaksanakan dengan tujuan untuk mempersiapkan pendidik dalam menghadapi tuntutan pendidikan masa depan yang lebih inklusif dan adaptif. Workshop ini diadakan pada tanggal 4 dan 11 Agustus 2023 di SMK Hidayah Semarang. Workshop implementasi kurikulum merdeka dan pembelajaran berdiferensiasi dipandu oleh Bapak Guntur Dharmawan, S.Pd. dari SMK Negeri 11 Semarang. Selain itu,workshop juga dihadiri oleh Bapak/Ibu Guru SMK Hidayah Semarang. Keseluruhan mendapatkan kesempatan untuk belajar dan berdiskusi langsung dengan para ahli pendidikan serta berbagi pengalaman dengan rekan sesama guru. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Sekolah SMK Hidayah Semarang Ibu Fitri Mudawamah S.I., S.Pd., beliau mengucapkan, “Terimakasih dan mengapresiasi adanya kegiatan workshop yang diselenggarakan oleh SMK Hidayah Semarang, berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menghasilkan produk untuk mempersiapkan pembelajaran di tahun ajaran baru dan hasilnya dapat membuat peserta didik belajar dengan maksimal tentunya mampu menghasilkan anak-anak yang berprestasi.”

Salah satu fokus utama workshop adalah strategi pembelajaran berdiferensiasi. Konsep ini menekankan pentingnya mengakomodasi perbedaan individual peserta didik dalam proses belajar mengajar. Dalam era Kurikulum Merdeka, di mana kebebasan pendidik dalam mengatur pembelajaran lebih besar, strategi pembelajaran berdiferensiasi menjadi kunci untuk memastikan setiap peserta didik mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi mereka. Selama workshop, pendidik diperkenalkan dengan berbagai teknik dan metode pembelajaran berdiferensiasi yang dapat diterapkan di dalam kelas. Pendidik juga belajar tentang mengidentifikasi kebutuhan dan gaya belajar peserta didik secara individual, serta mengembangkan bahan ajar yang relevan dan menarik bagi peserta didik. Selain strategi pembelajaran berdiferensiasi, peserta workshop juga diajak untuk mempelajari teknik penyusunan bahan ajar yang efektif. Dalam Kurikulum Merdeka, guru memiliki kebebasan lebih untuk menyesuaikan bahan ajar dengan kebutuhan dan konteks peserta didik. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk mampu menyusun bahan ajar yang menarik, interaktif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.

Workshop ini dianggap sebagai langkah berkelanjutan dalam mengoptimalkan penerapan Kurikulum Merdeka yang sudah dilaksanakan setahun ini di SMK Hidayah Semarang. Dengan meningkatkan pemahaman dan keterampilan pendidik dalam strategi pembelajaran berdiferensiasi dan penyusunan bahan ajar yang efektif, diharapkan kualitas pendidikan di SMK Hidayah Semarang dapat lebih meningkat secara signifikan. Dengan semangat baru dan pengetahuan yang diperoleh dari workshop ini, para guru SMK Hidayah Semarang khususnya, diharapkan mampu menciptakan SDM yang dapat mengikuti perkembangan zaman, teknologi, lingkungan pembelajaran yang inklusif, menyenangkan dan mendorong perkembangan holistik setiap peserta didik.

 

Penulis : Okvia Fera Prawesti, S.Pd., Humas SMK Hidayah Semarang

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Bawen