Juara II Lomba Macapat Se-Jawa Tengah Tahun 2023

Tidak bosan, SMK Negeri 6 Semarang kembali menorehkan prestasi. Kali ini Maaruf Wahyu Hidayat kelas XI Kuliner 3 berhasil meraih Juara 2 Lomba Nembang Macapat  Kategori SMA/SMK/MA Sederajat non-Seni se-Jawa Tengah. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh UKM Sangkatama Universitas PGRI Semarang pada tanggal 10 Agustus 2023, menyelenggarakan lomba nembang macapat offline dengan tema “Macapat Sebagai Media Pelestarian dan Pengembangan Jati Diri Bangsa.”

Lomba diikuti oleh 71 peserta dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Perlombaan bertempat di Kampus 4 UPGRIS lantai 6 yang beralamatkan di jalan Gajah Raya No. 40, Sambirejo, Gayamsari, Semarang. Lomba ini diadakan dengan tujuan untuk melestarikan budaya Jawa di kalangan generasi muda. Selain itu, lomba ini diharapkan mampu mengasah kemampuan peserta. 

Materi lomba teridri dari tembang wajib putra, tembang wajib putri dan tempat pilihan. Kriteria penilaan meliputi 3 aspek yaitu Laras (ketepatan nada dan pathet), Leres (penyuaraan nada) dan Rempeg (Penjiwaan dan Karakter tembang). Semoga prestasi tiada henti mampu diukir oleh SMK Negeri 6 Semarang. 

Penulis : Humas SMKN 6 Semarang.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.