Sempurnakan Ibadah melalui Tahsin 

Allah menciptakan manusia dengan tujuan untuk selalu beribadah. Hal tersebut telah tertulis dalam  QS. An Nisa: 103 اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا (“Sungguh, sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”). 

Kamis, 3 Agustus 2023, SMAHA mengadakan kegiatan Tahsin Ibadah untuk kelas X. Pada bulan Juli lalu, kegiatan ini sudah pernah diberikan kepada siswa kelas XI dan XII. Harapannya, siswa SMAHA dapat lebih sempurna dalam menjalankan ibadah terutama wudhu dan sholat. Siswa didampingi oleh ustad/ustadzah melaksanakan praktik ibadah, mulai dari wudhu hingga sholat. Ustadz/ustadzah menyimak dan membenahi apabila ada gerakan atau bacaan wudu dan sholat yang masih kurang benar.

“Mempelajari ilmu wajib adalah wajib hukumya, ilmu ini wajib  menyempurnakan ibadah sholat yang langsung di perintahkan oleh Allah. Sholat merupakan sarana untuk komunikasi antara hamba dengan Tuhanya. Semoga melalui kegiatan ini siswa SMAHA bisa lebih sempurna dan khusyuk dalam beribadah kepada Allah sehingga meraih ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala”, tutur Ustadzah Latifah, S.Pd.I., selaku koordinator kegiatan.

Siswa SMAHA sangat antusias dalam kegiatan ini. Azka Aqila (X-3) merasa senang dengan adanya kegiatan ini. “Tahsin ibadah ini merupakan pengalaman yang saya dapat di SMAHA. Tahun lalu, saya juga mendapatkan pelatihan ini. Saya menjadi tahu ternyata ibadah saya belum sepenuhnya sempurna, masih terdapat beberapa kesalahan. Setelah mengikuti kegiatan ini, saya menjadi tahu bagaimana cara memperbaikinya”, tambah Azka. 

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.