Kemeriahan Hari Pramuka SMAN 1 Tuntang

Gugus Depan Pangkalan SMAN 1 Tuntang laksanakan serangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Pramuka ke-62 yang dimulai pada Minggu, 13 Agustus 2023. Acara dikemas cukup padat menarik dan menyenangkan bertempat di halaman sekolah sesui dengan metode kepramukaan. Dimulai dari pagi registrasi, pendirian tenda, PBB dan latihan upacara penegak, koordinasi persiapan penerimaan tamu ambalan, materi SKU, SKK, SPG, Fundamental Gerakan Pramuka, ibadah dan permainan. Adapun sebagai narasumbernya adalah Pembina Pramuka dari dalam dan luar yaitu dari pengurus Kwaran dan Dewan Kerja Ranting, dengan peserta seluruh anggota Pramuka Pengurus Dewan Ambalan Ki Hajar Dewantara-Dewi Sartika.

Malam harinya dilanjutkan dengan kegiatan upacara renungan ulang janji dengan pembinanya adalah kepala sekolah selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) Kak Agus Setiyono, S.Pd., M.Pd.B.I. Renungan malam berjalan sangat lancar dan khidmat yang diawali dengan penyulutan api dasa dharma oleh petugas dan pembacaan kembali janji Pramuka “Tri Satya” yang dibimbing oleh pembina upacara, diiringi kobaran api unggun di tengah renungan semakin membakar semangat seluruh anggota Pramuka untuk mengucapkan dan mengamalkan janji yang telah diucap. Kemeriahan renungan terus menggelora didukung dengan iringan lagu lagu pramuka seperti Mars Jayalah Pramuka, Hymne Pramuka, Bagimu Negeri dan Syukur.

Usai renungan dilanjutkan dengan acara sarasehan, didahului dengan pemotongan tumpeng sederhana oleh Kamabigus yang diserahkan kepada Pradana sebagai perwujudan estafet kepemimpinan keberlangsungan pendidikan kepramukaan di SMAN 1 Tuntang sekaligus rasa syukur seluruh anggota Pramuka yang hingga kini telah berusia 62 tahun sejak pertama kali berdiri. Dalam arahannya Kamabigus menyampaikan bahwa seluruh anggota Pramuka wajib mengamalkan janji Tri Satya yang telah diucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga jiwa dan karakter Pramuka akan selalu melekat dalam pribadi masing masing. Sarasehan ditutup dengan menikmati makan sederhana ala Pramuka untuk menciptakan suasana kebersamaan dan kekeluargaan.

Puncak peringatan Hari Pramuka di gudep SMAN 1 Tuntang ditandai dengan pelaksanakan upacara peringatan di halaman sekolah pada hari Senin, 14 Agustus 2023, diikuti oleh seluruh bapak ibu guru karyawan serta seluruh peserta didik kelas X, XI dan XII. Ibu Surti Harjanti, S.S. selaku pembina upacara dalam amanatnya membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional yang berisi tentang digitalisasi dalam Gerakan Pramuka agar tidak tertinggal sehingga semakin eksis dan lebih optimal. Pembina menambahkan pesan kepada seluruh anggota Pramuka untuk selalu mengamalkan Dasa Dharma, salah satunya darma kesepuluh yaitu “suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.” Upacara berjalan lancar, khidmat dan disisipkan pula pemberian tanda penghargaan kepada anggota pramuka berprestasi yaitu penyematan lencana Bintang tahunan oleh Kamabigus dan penyerahan piagam penghargaan. Juga disampaikan piagam penghargaan kepada pembina yang memiliki dedikasi tinggi terhadap kemajuan Gerakan Pramuka di SMAN 1 Tuntang Kak Rudy Hermawan, S.Pd., M.Pd. sebagai bentuk apresiasi dari sekolah.

 

Penulis : Humas SMAN 1 Tuntang

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Bawen