Upacara Peringatan Hari Pramuka SMK N 8 Semarang: Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional di Kalangan Pelajar

Hari Pramuka, yang diperingati setiap tahun pada tanggal 14 Agustus sebagai bentuk penghormatan terhadap Gerakan Pramuka, tidak hanya menjadi momen bersejarah, tetapi juga kesempatan untuk membangkitkan semangat kepramukaan di kalangan pelajar. Pada tahun ini peringatan Hari Pramuka sekaligus memperingati 111 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada seiak tahun 1912.

Di SMK Negeri 8 Semarang, upacara peringatan Hari Pramuka diselenggarakan dengan khidmat dan penuh makna. Pagi ini, di SMK Negeri 8 Semarang, siswa-siswa berkumpul di lapangan sekolah untuk mengikuti upacara peringatan Hari Pramuka ke – 62. Acara dimulai dengan pengibaran bendera Merah Putih dan Bendera Pramuka yang dilakukan oleh anggota regu pramuka.

Dalam amanat yang disampaikan, Kepala SMK N 8 Semarang, Bp. Drs. Samiran, M.T. menekankan pentingnya semangat kepramukaan dalam membentuk karakter yang tangguh dan bertanggung jawab. “Saat ini, ketika nilai-nilai kepramukaan seperti kejujuran, kemandirian, dan kerjasama semakin relevan, peran gerakan pramuka dalam membentuk generasi muda yang berintegritas tidak bisa diremehkan,” ujar Bp. Samiran. “Melalui kegiatan pramuka, siswa belajar mengenai kepemimpinan, pengembangan diri, serta kepedulian terhadap sesama dan lingkungan.”

Hal tersebut juga senada dengan tema Peringatan Hari Pramuka pada tahun ini, yang mengusung tema “Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional”. Tema tersebut diharapkan mampu membangun citra positif Gerakan Pramuka ke depannya. Salah satunya dengan mempersiapkan dan melibatkan sumber daya manusia yang profesional dan proporsional.

Dengan semangat kepramukaan yang semakin berkobar di SMK N 8 Semarang, para pendidik dan siswa berharap bahwa nilai-nilai luhur yang diajarkan dalam gerakan pramuka akan terus menerus hidup dan membentuk generasi penerus yang tangguh dan berbudaya.

Berita ini juga dapat dibaca di

http://smkn8semarang.sch.id/berita-362-upacara-hari-pramuka-smk-n-8-semarang-sdm-yang-profesional-dan-proporsional-di-kalangan-pelajar.html

Penulis : Yemi M. Arbi, S.Pd. – Guru SMK N 8 Semarang

Editor : Tim Web SMK N 8 Semarang