Pengabdian USM dalam Bentuk Pelatihan Etika Kepariwisataan di Bidang Jamuan Makan Formal kepada SMKN 6 Semarang

Program Pengabdian Universitas melalui Universitas Mengajar yang dilakukan oleh Universitas Semarang. Kegiatan ini telah dilakukan pada hari Kamis 23 Agustus 2023 dalambentukPelatihan Etika Kepariwisataan Di Bidang Jamuan Makan Formal Kepada SMK Negeri 6 Semarang” yang dilakukan pada pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB. Program pengabdian inidilakukan oleh dosen, civitas akademik, guru serta peserta didik program keahlian kuliner diSMKN 6 Semarang yang dilakukan dalam bentuk pembelajaran di kelas dan praktikumpelayanan makanan dalam bentuk table manner dan  sequence of service. Program yang diikutioleh 36 peserta didik ini mendapat respon yang sangat baik dari kepala SMK Negeri 6 Semarang, Dra. Almiati, M.Si. Kepala SMK Negeri 6 Semarang menuturkan jika program ini sangatbermanfaat bagi peserta didik SMK Negeri 6 Semarang karena selaras dengan program SekolahPusat Keunggulan yang dimana perlu adanya program mengajar dari guru tamu baik dari civitas akademik atau dari industri yang telah memiliki kerjasama sebelumnya.

Acara dimulai dengan proses pengantar materi yang disampaikan oleh dosen di ruangkelas yang kemudian dilanjutkan dengan praktikum dalam bentuk pelayanan makanan (tablemanner) yang diawali dengan menu makan pembuka (dessert) berupa windsor salad kemudiandilanjutkan dengan maincourse berupa chicken schnitzel with black pepper sauce and mixed sauted vegetable and potato wedges dan diakhiri dengan menu penutup berupa srwaberryshortcake with chocolate sauce strawberry jam. Jamuan makan ditutup dengan hot beverageberupa hot tea yang dinikmato oleh siswa-siswi dengan khidmat.

Tujuan dari diadakannya kegiatan ini ialah Membuat peserta didik lebih percaya diri, bentuk kepedulian diri, membuat tubuh  menjadi lebih sehat, dan mendapat tanggapan positif darisekitar, peserta pelatihan memahami pengertian dan manfaat mempelajari hygiene & groomingserta mengetahui tata cara jamuan makan formal atau Table Manners, peserta pelatihandiharapkan dapat membentuk perilaku yang sopan dan beretika sehingga akan mencerminkan dirikita dihadapan orang lain, untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik jika berhadapandengan orang luar ataupun dalam jamuan resmi lainnya dan untuk memastikan bahwa pesertadidik sudah siap untuk terjun di dunia perhotelan dan pariwisata. Mengingat acara ini sangatbermanfaat bagi kedua belah pihak, kami berharap acara ini dapat berlanjut untuk waktu yang mendatang dan acara-acara serupa dapat dilakukan disekolah kami.

Penulis : Humas SMKN 6 Semarang.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.