Up Radio Goes To School "Membentuk Mental Wirausaha Sejak Dini" di SMK N 8 Semarang

SMK N 8 Semarang bekerjasama dengan Up Radio dari Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) menggelar acara Up Radio Goes to School bertema “Membentuk Mental Wirausaha Sejak Dini” pada hari Senin, 28 Agustus 2023. Acara ini menghadirkan pembicara dari berbagai kalangan, antara lain Kepala SMK N 8 Semarang Drs. Samiran, M.T., Dekan FEB UPGRIS Dr. Heri Prabowo, S.E., M.M., dan Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Jawa Tengah 1 Fanny Rifqi El Fuad.

Dalam seminar ini, para pembicara menyampaikan pentingnya menanamkan jiwa wirausaha sejak dini. Hal ini dikarenakan kewirausahaan tidak hanya sekadar menghasilkan uang, tetapi juga dapat membentuk karakter dan mental yang kuat.

Dekan FEB UPGRIS Dr. Heri Prabowo, S.E, M.M., mengatakan bahwa kewirausahaan dapat mengajarkan anak untuk berpikir kreatif dan inovatif. Selain itu, kewirausahaan juga dapat mengajarkan anak untuk berani mengambil risiko dan menghadapi tantangan.

“Dengan belajar berwirausaha sejak dini, anak-anak akan lebih siap menghadapi persaingan di masa depan,” ujar Bapak Heri.

Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Jawa Tengah 1 Fanny Rifqi, menambahkan bahwa kewirausahaan juga dapat mengajarkan anak untuk bertanggung jawab dan disiplin.

“Wirausaha adalah sebuah proses yang tidak mudah. Oleh karena itu, anak-anak perlu belajar untuk bertanggung jawab dan disiplin agar dapat berhasil dalam menjalankan usahanya,” kata Bapak Fanny Rifqi.

Kepala SMK N 8 Semarang, Drs. Samiran, M.T., , mengatakan bahwa sekolah memiliki peran penting dalam menumbuhkan jiwa wirausaha pada anak. Sekolah dapat memberikan materi dan kegiatan yang dapat mengembangkan keterampilan dan karakter kewirausahaan pada anak. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya sekolah dalam menumbuhkan jiwa wirausaha pada anak.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa SMK N 8 Semarang, baik kelas X, XI, maupun XII. Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan mendapatkan banyak ilmu dan wawasan baru tentang kewirausahaan.

Berita ini juga dapat dibaca di

http://smkn8semarang.sch.id/berita-367-up-radio-goes-to-school-membentuk-mental-wirausaha-sejak-dini-di-smk-n-8-semarang.html

Penulis : Yemi M. Arbi, S.Pd.

Editor : Tim Web SMK N 8 Semarang