PTA 2023 Gerakan Pramuka  SMAN 16 Semarang

PTA yang merupakan singkatan dari Penerimaan Tamu Ambalan ialah kegiatan tahunan yang dilaksanakan SMA Negeri 16 Semarang. Kegiatan ini menjadi wadah menumbuhkan jiwa kepemimpinan, kedisiplinan, kemandirian dan melatih kekompakan antar anggota pramuka terutama kelas X. Tahun ini PTA SMA Negeri 16 Semarang berlangsung pada Jumat dan Sabtu, 25 dan 26 Agustus 2023. Perkemahan dikuti oleh seluruh siswa kelas X yang dibagi menjadi 27 Sangga. Kegiatan PTA diawali dengan upacara pembukaan PTA  pada Jumat, 25 Agustus 2023, pukul 14.00 WIB di lapangan SMA Negeri 16 Semarang. Kegiatan dibuka langsung oleh kepala sekolah Dr. Sri Wahyuni, S.Pd, M.Pd.

Seusai upacara pembukaan PTA, tenda didirikan oleh para peserta dibantu oleh dewan ambalan dan dilanjutkan memasak, membersihkan diri dan beristirahat termasuk makan dan sholat. Setelah selesai sholat Isya’ semua peserta dan panitia berkumpul untuk melaksanakan upacara api unggun. Upacara berlangsung dengan tenang dan khitmat dimulai dari pembawaan obor api sejumlah Dasar Darma dengan tujuan untuk membakar semangat para anggota pramuka dalam mengamalkan Dasa Darma. Kemudian dimeriahkan dengan penyulutan api unggun. Kemeriahan malam puncak dilanjutkan dengan adanya pentas seni. Pentas seni yang ditampilkan pencak silat, akuistik, drama singkat, dan masih banyak lagi. Kemudian dilanjutkan dengan menonton film “Karbon Dalam Ransel” untuk meningkatkan kepedulian anak muda terhadap perubahan iklim dan lingkungan hidup.

Keesokan harinya, setelah sholat subuh seluruh peserta melakukan senam pagi dan sarapan sebelum mengikuti outbond yang berisi dengan berbagai games yang seru dan menyenangkan. Setelah outbond selesai, peserta bersiap untuk menjelajahi alam, di setiap pos pasti ada tantangan tersendiri untuk mereka. Terik panasnya sinar matahari tak mematahkan semangat mereka dalam kegiatan hiking ini. Pada pos terakhir, mereka harus menebak kode morse dengan bantuan buku saku pramuka yang diberikan pada pos sebelumnya. Seusai menjelajah alam, peserta merapikan tendanya masing-masing juga bersiap-siap untuk upacara penutupan PTA.

 

Penulis : Alabretta Zileiha Evelyna Ardyani

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Bawen