Kerjasama dengan Puskesmas Bulu Lor, SMA N 14 Lakukan Skrining Kesehatan bagi Siswa

 Puskesmas Bulu Lor gelar kegiatan skrining bagi siswa kelas X SMA Negeri 14 Kelurahan Kokrosono Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang. Kegiatan yang berlangsung di hari Kamis (31 Agustus 2023) bertempat di Aula milik sekolah dengan dibantu oleh sejumlah Kader Kesehatan SMA Negeri 14 Semarang.

“Kegiatan ini dibantu oleh beberapa siswa dari kader kesehatan sekolah.” Ucap salah seorang petugas Puskesmas Bulu Lor.

Kegiatan skrining ini meliputi  pengecekan kesehatan meliputi tinggi badan, berat badan, kesehatan mata, gigi, dan telinga. Setiap siswa dicek kesehatannya dengan beberapa pertanyaan.

“Skrining ini dilakukan oleh pihak Puskesmas supaya mereka tahu riwayat yang dimiliki oleh siswa kelas X.” Ujar Ibu Susi Erlianti, M.Pd selaku staf UKS SMA Negeri 14 Semarang

Beliau menambahkan, kegiatan penjaringan kesehatan ini ditujukan kepada semua siswa baru (kelas X) dari rombel 1 hingga 9.

Siswa secara bergantian setiap kelasnya dipanggil untuk di lakukan penjaringan oleh petugas Puskesmas Bulu Lor di jam-jam pelajaran. 

Kedepannya, sekolah berharap kegiatan yang serupa terus tetap ada khsusnya pada masalah kesehatan siswa sehingga tidak ada peserta didik yang memiliki riwayat yang serius.

Penulis : Muhamad Zayyinul Muttaqin, M.Pd. Guru SMA Negeri 14 Semarang

Editor             : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.