Membentuk Kedisiplinan Siswa Melalui Kegiatan Hansek

Semarang, 31 Agustus 2023 – Dalam rangka memperkuat semangat kedisiplinan dan kesadaran akan pentingnya pertahanan sekolah, SMKN 10 Semarang telah menggelar kegiatan “Hansek.” Acara ini diselenggarakan oleh Kesiswaan SMKN 10 Semarang dengan mengundang pelatih dari Koramil Semarang Utara. Kegiatan berlangsung mulai Senin, 28 Agustus 2023 hingga Rabu, 30 Agustus 2023, di halaman sekolah.

Pentingnya memiliki kedisiplinan yang kuat di lingkungan sekolah telah menjadi fokus utama kegiatan Hansek. Tujuan utamanya adalah agar siswa kelas X SMKN 10 Semarang mampu menginternalisasi nilai-nilai kedisiplinan sebagai bagian integral dari pembentukan karakter mereka. Kolaborasi dengan pelatih dari Koramil Semarang Utara memberikan dimensi tambahan, mengingat pelatih tersebut memiliki keahlian khusus dalam pengembangan disiplin dan tanggung jawab.

Kegiatan ini mengambil tempat di halaman SMKN 10 Semarang, memberikan suasana yang akrab namun tetap serius dalam pelaksanaannya. Hampir seluruh siswa kelas X dari berbagai jurusan turut serta dalam kegiatan ini, menunjukkan antusiasme dan komitmen mereka terhadap pembentukan karakter yang kuat dan kedisiplinan yang kokoh.

“Kami ingin melalui kegiatan Pertahanan Sekolah ini, siswa dapat memahami dan menghayati pentingnya kedisiplinan sebagai bagian dari membentuk karakter yang berkualitas,” kata Waka Kesiswaan SMKN 10 Semarang. “Kami percaya bahwa semakin mereka sadar akan kedisiplinan, semakin baik pula mereka dapat menghadapi tantangan di sekolah dan kehidupan sehari-hari.”
Kegiatan Hansek berlangsung dengan lancar dan tertib. Peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok, yang masing-masing memiliki tugas dan tantangan untuk diselesaikan. Selama tiga hari kegiatan, siswa diberikan pelatihan tentang disiplin, tanggung jawab, dan tindakan koordinasi dalam menghadapi situasi yang berpotensi mempengaruhi lingkungan sekolah.

Melalui pendekatan yang interaktif dan melibatkan siswa secara langsung, kegiatan ini berhasil menanamkan nilai-nilai penting dalam karakter siswa. Diharapkan, semangat kedisiplinan dan kesadaran akan tanggung jawab yang ditanamkan melalui Pertahanan Sekolah akan membantu siswa dalam menghadapi tantangan masa depan dan berkontribusi pada perkembangan pribadi yang lebih baik.

Penulis : Helmi Yuhdana, S.Pd, MM, Waka Kesiswaan SMKN 10 Semarang

Editor : Humas SMKN 10 Semarang