Teknik Elektro UNNES Adakan Pelatihan Bagi Peserta Didik SMKN 1 Semarang

Selasa, 5 September 2023, 19 mahasiswa Teknik Elektro UNNES didampingi oleh 1 dosen Teknik Elektro UNNES Dr. Anan Nugroho, S.T., M.Eng., melaksanakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Visualisasi Ruang 3D Nyata dengan Aplikasi Virtualtour di SMK Negeri 1 Semarang. Sasaran pelatihan adalah kelas X Teknik Elektronika 3 yang berjumlah 36 orang. Tempat pelatihan terbagi menjadi 3 yaitu, pembukaan dan penutupan di Aula SMK Negeri 1 Semarang, pengambilan citra 3 dimensi di 12 titik area SMK Negeri 1 Semarang, dan pengolahan citra menjadi objek virtual di laboratorium komputer teknik elektronika dan teknik informatika. Pelatihan ini merupakan upaya untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta dalam mengambil sampel gambar, mengolahnya menjadi citra virtual dan memahami konsep serta manfaat citra virtual dalam berbagai bidang, yang mana ruang virtual sangat bermanfaat di masa sekarang. Kegiatan pelatihan berlangsung selama 1 hari dalam durasi pelatihan 8 jam pelajaran dengan agenda Sesi Pembukaan (07.30-08.00 WIB); Kegiatan Inti (08.00-15.00 WIB); dan Kegiatan Penutup (15.00-15.30 WIB).

Dalam sesi pembukaan diawali sambutan oleh Kepala SMK Negeri 1 Semarang, Ibu Dra. Ummi Rosydiana, M.Par., yang dalam waktu bersamaan beliau ada kegiatan kedinasan di luar sekolah. Oleh sebab itu sambutan diwakili oleh Wakil Kepala Bidang Humas dan Hubin Bapak Sunar, S.Pd., M.Si. Dalam sambutan yang diberikan Bapak Sunar, S.Pd., M.Si., beliau menyampaikan bahwa kolaborasi antara UNNES dan SMK Negeri 1 Semarang sudah berjalan sejak lama, untuk kegiatan kali ini semoga manfaat setelah pelatihan juga didapatkan oleh siswa-siswi sasaran pelatihan dalam peningkatan kompetensi terutama dalam bidang teknologi informasi. Kemudian sambutan yang diberikan dari pihak dosen dari UNNES diwakili oleh Bapak Dr. Anan Nugroho, S.T., M.Eng., juga tidak jauh berbeda seperti yang disampaikan oleh Bapak Sunar, S.Pd., M.Si., bahwa semoga hasil dari pelatihan ini dapat memberikan manfaat baik untuk UNNES maupun SMK Negeri 1 Semarang.

Sesi Pelatihan sebagai acara inti dari kegiatan berlangsung mulai 08.15 WIB dimulai dengan praktik pengambilan gambar di 18 titik baik di dalam maupun di luar ruangan area SMK Negeri 1 Semarang. Hasil citra yang diambil kemudian diolah dengan software virtualtour di Laboratorium Komputer mulai pukul 10.30 WIB sampai Pukul 15.00 WIB. Hasil dari pelatihan selama durasi waktu 8 jam ini adalah virtual area tampak 360o yang bisa diakses melalui halaman web SMK Negeri 1 Semarang. Pada acara penutupan kegiatan dilakukan di Aula SMK Negeri 1 Semarang serta pengumuman pemenang desain citra dan pengambilan sampel gambar terbaik dan penyerahan hadiah kepada pemenang.

Kegiatan pelatihan pembuatan visualisasi ruang 3D nyata dengan aplikasi virtualtour di SMK Negeri 1 Semarang  berjalan dengan sukses. Para peserta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru dalam pengambilan sampel gambar dan pengolahan gambar menjadi citra virtual. Mereka juga berkesempatan untuk berkompetisi dalam lomba pengambilan sampel gambar yang sangat seru. Terima kasih kepada Tim Electrical Science Club Unit Kegiatan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang dan dosen pendamping Bapak Dr. Anan Nugroho, S.T., M.Eng., Koordinator Tim ESC Mas M. Zidan Maali dan Mas Irzhafran Ridho P., dan semua peserta yang telah berpartisipasi dalam pelatihan. Semoga pengetahuan yang didapatkan bermanfaat dalam pengembangan dan kreativitas peserta di masa depan.

 

Penulis : A. Khotib Tri H., Sekretaris Teknik Elektronika STEMSA

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Bawen