Penjaringan Kesehatan : Menuju Kualitas Kesehatan yang Lebih Baik

Pepatah Romawi mengatakan “Men Sana In Corpore Sano” yang berarti dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Mencermati pepatah tersebut, dapat disarikan bahwa dalam pribadi yang sehat memiliki semangat yang lebih kuat dalam menghadapi kegiatan keseharian dibanding dengan seseorang yang memiliki kualitas kesehatan yang kurang baik. Sejalan dengan slogan tersebut dan demi mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas secara fisik dan psikis.  SMA Negeri 1 Pabelan yang dipimpin oleh Dyah Ratnaningrum S.Pd. berkolaborasi dengan Puskesmas Semowo, Kecamatan Pabelan, KabupatenSemarang melaksanakan kegiatan Penjaringan Kesehatan.Penjaringan Kesehatan ini diprogramkan sekolah untuk diikutisiswa baru dan seluruh tenaga guru serta pegawai SMA Negeri 1 Pabelan. Pelaksanaan penjaringan kesehatan ini termasuk salahsatu upaya realisasi program tahunan Unit Kesehatan Sekolah (UKS).

Kepala sekolah menugaskan pembina PMR SMA Negeri 1 Pabelan yaitu Elvi Khoirotin, S.Pd untukmengkoordinir keterlaksanaan kegiatan mulai dari agenda pra-kegiatan sampai dengan pasca-kegiatan. Untuk lebih memperlancar pelaksanaan kegiatan screening oleh petugas puskesmas, pembina PMR melibatkan anggota PMR SMA N 1 Pabelan untuk berperan.  Adapun tujuan pelibatan anggota PMR SMA N 1 Pabelan  dalam kegiatan ini adalah setiap anggota PMR SMA N 1 Pabelan diharapkan mampu memiliki dan melatihkepekaan jiwa kemanusiaannya dengan cara peduli kepada lingkungan sosial. Penjaringan Kesehatan ini telah dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 30 dan 31 Agustus tahun 2023 yang diikuti seluruh siswa baru kelas X sejumlah 216 siswa dan seluruh tenaga guru dan pegawai SMA Negeri 1 Pabelan.

Pemeriksaan penjaringan kesehatan bagi siswa meliputipemeriksaan kesehatan jiwa melalui pengisian kuesioner, pengukuran tekanan darah, pemeriksaan kesehatan mata termasuk mengetahui kondisi mata siswa plus atau minus dan ada tidaknya buta warna, pemeriksaan status gizi, pemeriksaan kesehatan rongga gigi dan mulut, pengecekan golongan darah, serta penyuluhan kesehatan.

Petugas puskesmas masuk ke seluruh kelas X secara bergantianuntuk melaksanakan penyuluhan kesehatan.   Sedangkan untuktenaga guru dan pegawai meliputi pemeriksaan kadar kolesterol, asam urat dan gula dalam darah.  Pihak puskesmas juga melaksanakan pemantauan sanitasi sekolah, termasuk bagaimana ketersediaan air bersihdisekolah, kebersihan jamban dan kantin sekolah.

Pada akhir kegiatan, sekolah mendapatkan data hasil penjaringankesehatan. Bagi siswa yang terindikasi memiliki kualitaskesehatan kurang baik, diberikan rujukan ke puskesmas setempat agar diperoleh pengobatan.  Selanjutnya puskesmas melalui Pembina PMR memberi vitamin penambah darah dan obat cacing untuk didistribusikan. Vitamin penambah darah diberikan khusus bagi  seluruh siswi  kelas X sampai kelas XII untuk mencegahanemia disaat menstruasi. Sedangkan obat cacing ditujukan kepada seluruh siswa-siswi untuk mencegah penyakit cacingan.selama dan akhir kegiatan, seluruh rangkaian kegiatanberlangsung dengan baik dan lancar tanpa ada hambatan yang berarti. Semoga dengan kegiatan ini berdampak pada kualitaskesehatan siswa, guru dan pegawai SMA Negeri 1 Pabelan yang lebih baik.

Penulis : Elvi Khoirotin, S.Pd. Guru SMA N 1 Pabelan.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.