Siswa SMA Negeri 4 Semarang Sabet Penghargaan Di Negeri Tirai Bambu

Kisah Inspiratif datang dari Dimas Fathin Mahiswara Siswa SMAPA yang berasal dari kelas XII MIPA 5. Kepiawaian di bidang riset dan teknologi membuahkan hasil yang luar biasa. Dimas berhasil menyabet Silver medals dan Spesial Award pada ajang The 37th China Adolescents Science & Tecnology Innovation Contest (CASTIC) 24 Agustus 2023 di Wuhan, Republik Rakyat Tiongkok.

CASTIC, diselenggarakan oleh Asosiasi Sains dan Teknologi yang berekerjasama dengan dengan kementrian Pendidikan Tiongkok, merupakan gelaran tahunan yang bergengsi di bidang riset dan teknologi. pada ajang tersebut turut berpartisipasi ilmuan muda di seluruh dunia untuk berkompetisi. Pada tahun 2023 terdapat 100 peserta dari 20 negara hadir untuk menampilkan gagasan dan inovasinya.

Pada ajang internasional tersebut Dimas membuat Robot GoGoRo, (Culvet Inspection Robot) yaitu sebuah robot yang dirancang dan berfungsi sebagai pembersih gorong-gorong dan tempat kotor. Inovasi tersebut berawal dari sebuah keprihatinan kondisi gorong-gorong kotor dan menimpulkan polusi. Sehingga muncul inovasi Robot tersebut untuk mengatasinya. Menurutnya, ini merupakan bukti nyata bahwa siswa Indonesia juga mampu mengembangkan riset dan teknologi tepat guna yang bersaing di ranah internasional.

Dimas mengajarkan seluruh warga sekolah untuk Semangat belajar, inovasi dan berkompetisi sehingga dapat menjadi inspirasi. Melalui karyanya diharapkan menjadi Langkah kongkret dan solutif demi terwujunya lingkungan sanitasi yang bersih sesuai dengan program sekolah Adiwiyata SMA Negeri 4 Semarang.

Penulis : Humas SMA Negeri 4 Semarang