Peringati Hari Ozon Internasional, Ibu Kepala SMAN 14 Semarang: Kita Sekolah Adiwiyata Mandiri

Dalam peringatan Hari Ozon Internasional yang dilakukan Jumat, 8 September 2023 lalu, SMA Negeri 14 melakukan aksi lingkungan hidup bagi seluruh warga sekolah. Kegiatan yang dilakukan di Jumat pagi diawali oleh sambutan Ibu Kepala SMAN 14, Ibu Aniek Windrayani, S.Pd., M.Pd. tentang rangkuman kegiatan di pagi itu. “Sebagai sekolah yang memiliki prestasi Adiwiyata Mandiri, kegiatan berlatar belakang konservatif perlu selalu kita gaungkan, salah satunya pada peringatan hari ozon,“ jelas Ibu Kepala Sekolah.

Kegiatan yang direalisasikan merupakan program kerja yang dianggap penting karena background sekolah yang berbasis adiwiyata. Kepada sejumlah peserta apel, Ibu Aniek mengingatkan tentang kegiatan tersebut bahwa memperingati Hari Ozon Internasional ini sangat penting sebagai wujud partisipasi setiap warga negara Indonesia di dalam unit SMAN 14 Semarang. Mengambil tema ‘Menghias Semesta Mendonasi Bunga’ serangkaian kegiatan dilakukan untuk merefleksikan hari merawat ozon bumi tersebut. Seperti yang disampaikan oleh Ibu Suspeni, S.Pd., Wakil Kepala SMA Negeri 14 Bidang Kehumasan, bahwa di bulan September ini akan dilakukan beberapa macam kampanye seperti Aksi Konservasi Energi melalui Sehari Tanpa Kendaraan Bermotor, Lomba Tiktok Kampanye mengurangi kerusakan ozon, kebersihan kelas, serta aksi berbagi bunga.

“Kegiatan ini serangkaian, di mana sekolah melakukan berbagai macam aksi dimulai tanggal 8 sampai dengan 22 September 2023 untuk merawat ozon bumi kita ini,” ungkapnya Ibu Suspeni, S.Pd. Sebelumnya, Ibu Kepala SMA Negeri 14 mengungkapkan di depan para guru bahwa dengan melaksanakan program ini, sekolah mendapat beberapa manfaat sekaligus. Yaitu dapat mempercantik lingkungan sekolah menjadi nyaman dan asri serta yang jauh lebih penting adalah menanamkan pendidikan karakter bergotong royong dalam menyediakan bunga, beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia karena ikut menjaga serta menyayangi lingkungan alam.

 

Penulis : Muhamad Zayyinul Muttaqin, M.Pd., Guru SMAN 14 Semarang

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Bawen