Tiga Alumni SMAPA Meraih Cita Bersama  Beasiswa Indonesia Maju  Kuliah Keluar Negeri

Pada tahun 2022 yang lalu, dua orang siswa SMA Negeri 4 Semarang berhasil lolos dalam seleksi Beasiswa Indonesia Maju dengan program S1 Luar Negeri. Beasiswa Indonesia Maju adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) untuk mendukung siswa-siswi Indonesia yang berprestasi dalam melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri. Program ini telah membantu banyak siswa berbakat untuk meraih impian mereka dalam mengejar pendidikan tinggi di Universitas terkemuka di seluruh dunia.

Ketiga siswa tersebut adalah Muhammad Alief Hilman (XII MIPA 3), Gantari Novendra Hanun Pradanawati (XII MIPA 1) dan Aulia Rahmahnisa (XII IPS 2). Ketiganya lulus dari SMA Negeri 4 Semarang tahun 2023, di mana setahun sebelumnya berhasil meraih program Beasiswa Indonesia Maju pada tahun 2022. Pada jarak waktu setahun tersebut, Hilman dan Gantari diberangkatkan menuju Bali untuk menjalani persiapan pre-keberangkatan di sana,

“Untuk satu tahun kemarin itu full pembinaan dan persiapan untuk pre-kuliah. Jadi, di sana yang dipelajari seperti kalkulus 1, fisika kinematika, dan yang diluar dari kurikulum yang diberikan di sekolah,” jelas Hilman ketika berkunjung kembali ke SMA Negeri 4 Semarang. “Lebih menjurus ke apa saja yang akan dipelajari di tahun pertama kuliah, jadi mereka memberi mata kuliah dasar.”

Sedangkan Aulia mengikuti Beasiswa Indonesia Maju Reguler.

Dalam wawancara ini, Hilman mengaku mengikuti program Beasiswa Indonesia Maju karena pribadinya memang tertarik untuk mengejar pendidikan ke luar negeri sejak SD, tetapi menemui berbagai rintangan seperti accessibility yang terbatas dan tidak diizinkan oleh orang tua. “Saya berusaha buat mencari informasi, lalu Bu Ririn selaku Waka Kurikulum menawari saya untuk mengikuti program ini dan saya ikuti. Saya wawancara dan ternyata saya berhasil, saya lolos seleksinya. Dan pada tanggal 17 September 2023 Helman berangkat ke Amerika ”

Saat ini, ketiganya telah diterima di tiga universitas bergengsi. Muhammad Alif Hilman akan menempuh perguruan tinggi di University of California San Diego, sementara Gantari melanjutkan di Sydney University. Tak hanya itu, Hilman juga mengutarakan bahwa dirinya sebenarnya memiliki keinginan untuk menetap sejenak untuk mengejar S2, tetapi memutuskan untuk mengambil beberapa tahun di Indonesia untuk menyelesaikan kontrak mengabdi di Tanah Air. Aulia Rahmahnisa diterima diUniversitas Marlborn Australia

Kepada siswa-siswi SMA Negeri 4 Semarang yang ingin mengikuti jejak Hilman dan Gantari untuk mengejar pendidikan di universitas luar negeri, Hilman memberikan beberapa saran untuk mempersiapkan sedini mungkin dan tetap realistis dalam memilih perguruan tinggi. “Harapan saya, jika memang ada keinginan untuk melanjutkan ke luar negeri kalau bisa dicari informasinya dari kelas 10, karena memang harus dari kelas 10. Kalau sudah kelas 11 atau 12 mungkin terlambat karena beda kurikulum dan sebagainya,” ujarnya. “Lalu, realistis jika memilih perguruan tinggi.”

Kisah sukses ketiga alumni SMA Negeri 4 Semarang yang berhasil meraih Beasiswa Indonesia Maju adalah bukti nyata bahwa pendidikan adalah investasi terbaik untuk masa depan. Semangat, kerja keras, dan tekad dapat membawa kita ke tempat-tempat yang jauh, dan mereka adalah contoh inspiratif bagi generasi pelajar SMA Negeri 4 Semarang selanjutnya untuk bermimpi besar dan berusaha keras mencapainya. Selamat kepada para alumni tersebut dan semoga prestasi mereka terus menginspirasi banyak orang.

Penulis: Humas SMA Negeri 4