Workshop Pemanfaatan Sarpra Pendukung Penyelenggaraan TEFA di SMKN 3 Semarang

Semarang, 21 September 2023 – TeFa adalah pembelajaran berbasis produksi sehingga SMK yang melaksanakan melakukan kegiatan pembelajaran dan sekaligus produksi. Dalam rangka pelaksanaan TeFa, sekolah harus melakukan beberapa perubahan, yaitu: pembelajaran dan lingkungan yang harus mencerminkan ekosistem dan atmosfir DUDI. Sumber lain menjelaskan Teaching factory adalah model pembelajaran berbasis produk (barang/jasa) melalui sinergi sekolah dengan industri untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri.

Semangat pendidikan vokasi di satuan lembaga vokasi dapat terlihat dari adanya teaching factory (Tefa), khususnya di SMK. Melalui Tefa, siswa akan merasakan atmosfer kerja yang sama dengan industri sehingga akan diajarkan berbagai keterampilan yang berguna untuk memproduksi barang maupun jasa. Dengan demikian, SMK dapat menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri.

Tefa pun dapat berdampak kepada keterampilan teknis, keterampilan sosial, dan kemampuan untuk berpikir kritis siswa yang diperlukan industri saat ini. Berdasarkan latar belakangnya, Tefa SMK merupakan realisasi Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2015 tentang Pembangunan Sumber Daya Industri yaitu keharusan setiap sekolah kejuruan mempunyai Tefa tersebut.

Hari Selasa-Rabu, tanggal 20-21 september 2023, Workshop Pemanfaatan Sarana & Prasarana Pendukung Penyelenggaraan TEFA di SMKN 3 Semarang diselenggarakan. Narasumber yang didatangkan adalah Bapak Hendro Wibowo, S.T., M.T., selaku Direktur CV. SKAWAN DAYA, dan Bapak Dani, selaku Manajer PT. Panasonic yang berkenan berbagi ilmu tentang sarana & prasarana menuju teaching factory berciri khas Dunia Industri.

Sekitar 17 peserta dari Bapak/Ibu Guru mendengarkan penjelasan terkait konsep teaching factory SMK, rintisan kelas industri dari PT. Panasonic, dan Skema peningkatan kompetensi Guru & Siswa. Adanya TEFA menunjukkan bahwa ransformasi pendidikan vokasi dapat menciptakan peserta didik yang dapat memproduksi barang/jasa berstandar industri. Dengan begitu, transformasi pendidikan yang berkualitas menuju kemajuan Indonesia dapat tercipta melalui Tefa SMK. SMKN 3 Jitu !

Penulis : Humas SMKN 3 Semarang