Kemitraan SMKN 10 Semarang Bersama Dankook University, Korea

Dua tahun berjalan kemitraan SMK Negeri 10 Semarang bersama K-Prep, sebuah lembaga pendidikan bahasa yang bearfiliasi dengan perguruan tinggi di Korea, yang memberikan pelatihan Bahasa Korea untuk Siswa melalui ekstrakurikuler di SMK Negeri 10 Semarang.

Setelah dilakukan evaluasi bersama untuk ekstrakurikuler Bahasa Korea yang telah dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2022/2023, maka pada Tahun Pelajaran 2023/2024 ekstrakurikuler Bahasa Korea kembali dilanjutkan dengan dengan peningkatan komitmen dan proses pembelajaran yang lebih baik.

Peserta ekstrakurikuler Bahasa Korea pada Tahun Pelajaran 2023/2024, dari Siswa yang berminat mengalami peningkatan yang luar biasa. Siswa dengan penuh antusias dan motivasi yang tinggi mengikuti setiap proses pembelajaran yang diselenggarakan secara online melalui google classroom. Miss Grace selaku mentor dan fasilitator pelatihan Bahasa Korea mengagumi semangat seluruh Peserta ekstrakurikuler tersebut. “Siswa SMK Negeri 10 Semarang sangat luar biasa dalam mengikuti setiap jadwal pelatihan dilaksanakan, mereka belajar dengan sangat pesat meski hanya dalam waktu 1,5 bulan. Kami sangat senang dan bangga mengetahui perkembangan positif tersebut”, demikian kesan Miss Grace.

Selasa, 12 September 2023, SMK Negeri 10 Semarang mendapat kunjungan istimewa perwakilan dari salah satu perguruan tinggi di Korea Selatan, Dankook University, Mr. Alex Park Youngjae. Kehadiran Mr. Youngjae ke SMK Negeri 10 Semarang merupakan tindak lanjut dan respon positif terhadap motivasi serta perkembangan pelatihan Bahasa Korea yang diikuti oleh Siswa SMK Negeri 10 Semarang.

Mr. Youngjae merupakan pihak yang mensponsori dan memberi beasiswa selama pelatihan Bahasa Korea berlangsung di SMK Negeri 10 Semarang, mulai dari penyediaan workbook (buku materi pelatihan) dan biaya ujian yang akan diikuti oleh seluruh Peserta untuk setiap levelnya. Bahkan, kehadiran Mr. Youngjae untuk meningkatkan proses pelatihan Bahasa Korea dengan menjalin kerjasama dalam bentuk MoU antara Dankook University dengan SMK Negeri 10 Semarang.

Kepala SMK Negeri 10 Semarang, Bp. Ardan Sirodjuddin, S.Pd., menyatakan kesiapan dan antusiasme yang sangat tinggi menyambut ajakan untuk kemitraan tersebut. “Saya sangat senang sekali dengan peluang yang diberikan oleh Mr Youngjae, selaku perwakilan dari Dankook University, untuk membangun kemitraan bersama dengan kami. Saya berharap Bahasa Korea menjadi program intrakurikuler untuk seluruh Siswa kelas XII, dimana mereka dapat dibekali dengan kompetensi Bahasa Korea, sehingga mereka akan memiliki kesempatan dan pengalaman untuk berprestasi dan bekerja di luar negeri, yaitu Korea Selatan”, kata Bp. Ardan Sirodjuddin, S.Pd., dengan semangat.

Mrs. Etha, selaku Koordinator Pelatihan Bahasa Korea di Semarang pun menambahkan bahwa dalam kemitraan dengan SMK Negeri 10 Semarang, Dankook University akan memfasilitasi Peserta Pelatihan Bahasa Korea akan diberi kesempatan magang di Korea Selatan. “Setiap Siswa yang akan magang di Korea Selatan, akan diperkenalkan terlebih dahulu tentang budaya atau etos kerja, teknologi, bahkan kemandirian hidup di lingkungan yang baru dalam program magang selama satu bulan”.

Kunjungan Mr. Youngjae, Mrs. Etha, dan Miss Grace benar-benar memberikan suasana yang sangat menarik dan heboh bagi seluruh Siswa yang menjadi Peserta ekstrakurikuler Bahasa Korea. Karena tidak hanya gemar menonton drama Korea (drakor) maupun ngefans boyband Korea, Siswa juga bisa langsung mempraktekkan berbicara dengan Bahasa Korea bersama Mr. Youngjae, dalam diskusi dan tanya jawab yang berlangsung di Laboratorium Bahasa. Tidak mau kalah dengan Siswa, Guru pun turut eksis, Ibu Palupi dan Ibu Ira pun senang dengan kehadiran Mr. Youngjae dan tim, karena juga menjadi Peserta pelatihan Bahasa Korea tersebut.

Gamsahamnida, Mr. Youngjae.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Arimurti Asmoro, S.Pd., M.Pd

Editor: Tim Humas