SMKN 4 Semarang adakan Workshop Penguatan Kelembagaan BKK bersama PT United Tractors dan Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang tahun 2023

Menjadi satu kehormatan bagi SMKN 4 Semarang dengan kehadiran Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang Dr.Sutrisno,SKM, MH.Kes. yang membersamai salahsatu kegiatan SMK PK Regular Lanjutan 2023. Kegiatan yang berlangsung di Aula SMKN 4 Semarang pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB, dengan peserta guru umum dan kejuruan di SMKN 4 Semarang. Workshop dengan tema penguatan kelembagaan BKK SMK merupakan salahsatu agenda yang penring, karena esensi dari workshop ini adalah pemaksimalan BKK sebagai Bursa Kerja Khusus yang memiliki kewajiban dalam pemasaran lulusan SMK dan merupakan jembatan penghubung antara instansi sekolah dengan indsutri atau dunia kerja pengguna lulusan. Perbaikkan jejaring antar lembaga meliputi dinas tenaga kerja kota, dinas tenaga kerja propinsi yang merupakan instansi induk yang memiliki  akses langsung ke industry yang ada diwilayah kota Semarang ataupun wilayaj propinsi jawa Tengah. Dalam paparannya beliau menekankan pada kualitas lulusan yang kompeten dan berkarakter, memiliki cakap ilmu dan cakap iman, menjadikan lulusan SMk sebagai angkatan favorit yang dibutuhkan dan diperebutkan industry untuk menduduki posisi strategis di industry sesuai dengan kompetensi siswa SMK.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Joshua Aditya Manuel bagian Environment and Social Responsibility United Tractors sebagai naras umber dari PT United Tractors Semarang, mengenalkan juga beberapa program CSR yang bertujuan untuk peningkatan kompetensi baik siswa maupun guru, berbagai bentuk kerjasama yang bertujuan peningkatan mutu lulusan dan update skill bagi pendidik dan tenaga pendidik agar mampu dan memiliki kecakapan abad 21 sehingga bisa membentuk lulusan yang handal menghadapi tantangan di era 5.0. Kebutuhan Dunia kerja diharapkan selaras tentang supplay tenaga kerja yang kompeten yang ditawarkan SMK.

Persaingan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian merupakan masa yang harus dilewati oleh sisw SMK saat ini, oleh karena itu untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas penting merubah paradigm pendidikan dengan tetap mengacu pada peningkatakn jejaring dunia industry dan peningkatan mutu internal yang mencakup komponen 8 plus I sesuai dengan pesan vokasi Kemendikbudristek RI. Sudah menjadi tugas kita bersama membentuk manusia cakap teknologi dan berakhlak mulia yang mampu menghadapi persaingan hidup dan tantangan hidup serta mampu memanfaatkan peluang secara cerdas dan bijak dan santun.

Baca juga di :
https://www.smk4smg.sch.id
Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom