SMKN 4 Semarang bersama Komisi  E DPRD Provinsi Jawa Tengah dalam Fokus Group Discussion Implementasi Asesmen Nasional di Provinsi Jawa Tengah

Merujuk pada Nota Dinas  Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi Jawa Tengah nomor421.7/01854 kepada Kepala Cabang Dinas Wilayah 1 tembusan kepada Kepala SMAN 1 Semarang dan SMKN 4 Semarang tertanggal 15 September 2023 perihal Focus Group Discussion (FGD) Implementasi Assesmen Nasional di Provinsi Jawa Tengah. Dasar kegiatan yang merupakan  kegiatan kemitraan dengan DPRD Provinsi jawa Tengah untuk melaksanakan kegiatan FGD Tahap VII dan VIII pada tanggal 18 September 2023 pukul 13.00 WIB sampai dengan selesai di SMAN 1 Semarang dan SMKN 4 Semarang.

Drs. Bambang Sujatmiko,M.Si selaku Kepala SMKN 4 Semarang menyambut kegiatan FGD ini dengan antusias sehingga kegiatan tersebut terselenggara di Aula SMKN 4 Semarang, adapun Anggota Komisi E yang tergabung dalam FGD antaralain Jasiman,LC, Inna Hadianala,SE, Hj,Sri Ruwiyati,SE,MM, Akhmad Fadhlun,  Sidi,SS,.M.Si dan  Drs. H.Amin Makhsun, perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah antara lain Roberto Agung Nugroho,S.Pd dan sedangkan dari pihak Cabang Dinas  Wilayah 1 Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi Jawa Tengah antaralain Andang Fitriadi,SE,.M.Si, Angky Mayang Saswati,S.Psi.M.Si, Suhari, Sri Rinawati,S.Pd,Ninik Krostanti,SE.Adapun dari pihak SMK 4 Semarang menghadirkan perwakilan 9 guru dari internal SMK.

Dalam Diskusi yang berlangsung akrab, hangat namun berbobot dengan bahasan seputar Implementasi Assesmen Nasional di Provinsi Jawa Tengah, mengupas tentang potret pendidikan dimasa kini, kendala-kendala yang ada diseputar dunia pendidikan, upaya untuk peningkatan mutu sekolah serta tantangan serta peluang apa yang harus dilaksanakan dunia pendidikan.

Secara terinci dan sistematis pembahasan tentang assemen Nasional dan implementasinya di Jawa tengah dibahas tuntas dengan memfokuskan pada Disrupsi Dunia kerja, Hasil PISA, Kemampuan Guru dengan menitik beratkan kompetensi siswa  yang terukur dalam Assesmen Nasional berupa Asesmen Kompetensi Minimal, Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. Dengan kemitraan serta gotong royong multi  komponen antara lain Pemerintah Pusat,Pemerintah Daerah, Satuan Pendidikan. Diakhir paparannya Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Syamsudin,S.STP,SH mengajak seluruh komponen sekolah dan dinas terkait serta masyarakat untuk menyukseskan ANBK 2023.

Baca juga di :
https://www.smk4smg.sch.id
Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom