Antusias Belajar : Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi dengan Mind Mapping

Semarang, 3 Oktober 2023 – Siswa SMAHA (SMA Islam Hidayatullah Semarang) terlihat antusias mengikuti pembelajaran yang disampaikan oleh guru mapel ekonomi, Ibu Sri Widayati, S.Pd., atau yang akrab disapa Bu Wid. Pembahasan materi pembelajaran kali  ini yaitu   tentang pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Bu Wid menerapkan metode Mind Mapping untuk membantu siswa memahami materi pelajaran secara lebih mudah dan cepat.

Mind Mapping merupakan metode pembelajaran yang menggunakan peta pikiran untuk mengelompokkan dan menghubungkan ide-ide secara visual. Metode ini dapat membantu siswa untuk memahami materi pelajaran secara lebih mudah dan cepat. Semoga melalui penerapan metode mind mapping, siswa dapat lebih memahami materi pelajaran pertumbuhan dan pembangunan ekonomi”, tutur Bu Wied. 

Kegiatan diawali dengan penjelasan materi. Kemudian, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan diminta untuk membuat mind map tentang materi yang telah dipelajari. Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil mind mapnya di depan kelas. “Saya senang belajar menggunakan mind mapping. Saya jadi lebih mudah memahami materi pelajaran,” kata salah satu siswa, Aulia. “Mind mapping membuat materi pelajaran menjadi lebih menarik dan mudah diingat,” tambah siswa lainnya, Hanan.

Bu Wied mengatakan bahwa metode mind mapping dapat diterapkan dalam pembelajaran berbagai mata pelajaran. Metode ini dapat membantu siswa untuk meningkatkan pemahaman dan daya ingat mereka. Berikut adalah beberapa manfaat pembelajaran pertumbuhan dan pembangunan ekonomi dengan mind mapping dilengkapi diskusi dan presentasi antara lain meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pelajaran, meningkatkan daya ingat siswa, membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan, meningkatkan kerjasama tim, meningkatkan kreativitas, mengasah kemampuan public speaking, serta meningkatkan daya saing.

“Saya sangat senang dan bangga guru-guru di SMA Islam Hidayatullah ini aktif dan kreatif dalam menerapkan berbagai metode pembelajaran di sekolah” kata Ibu Etik selaku kepala SMAHA. 

Penulis : Sri Widayati, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah Semarang.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah Semarang.