Workshop & Pelatihan Aplikasi Figma Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran SMK Hidayah Semarang

Di era modernisasi seperti sekarang manusia sangat bergantung pada teknologi. Hal ini membuat teknologi menjadi kebutuhan dasar setiap orang. Dari orang tua hingga anak muda, para ahli hingga orang awam pun menggunakan teknologi dalam berbagai aspek kehidupannya. Teknologi di masa kini telah berkembang dengan pesat. Tak seperti waktu dulu, teknologi sangatlah berpengaruh dalam aspek kehidupan manusia dan ikut berperan dalam kehidupan masyarakat luas khususnya peran teknologi di bidang pendidikan. Dalam pendidikan teknologi memiliki peranan tersendiri dalam proses belajar mengajar (Muhyidin et al., 2020). Melihat fenomena dan pernyataan bahwa meningkatkan kualitas pendidikan melalui teknologi adalah sebuah keharusan. Salah satu peningkatan kualitas seorang pendidik, SMK Hidayah Semarang telah memfasilitasi kegiatan yang bertema ‘Workshop dan Pelatihan Aplikasi Figma untuk Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran di SMK Hidayah Semarang’ yang dilaksanakan pada Jumat, 8 September 2023, pada pukul 13.00 sampai 16.00 WIB.

Menurut Fitri Mudawamah, S.I., S.Pd. selaku kepala sekolah, mengatakan bahwa diadakannya pelatihan ini selain untuk menunjang kinerja guru, workshop dan pelatihan ini juga memberikan motivasi lebih kreatif, inovatif, serta memberikan pemahaman penggunaan aplikasi figma dengan baik dan benar untuk menambah ilmu dan pengalaman di bidang teknologi. Figma adalah salah satu tools berbasis website yang digunakan untuk mendesain kapan saja dan di manapun melalui internet. Pada umumnya Figma digunakan untuk mendesain interface dari sebuah aplikasi yang ingin dibuat. Dalam pengerjaan sebuah aplikasi baru, Figma dapat dimanfaatkan untuk membangun aplikasi tersebut bersama tim. Kelebihan Figma adalah memberikan kemungkinan bagi penggunanya untuk mendesain interface dari sebuah aplikasi secara kolaboratif dan real-time. Selanjutnya, menurut Bapak Pandu selaku tutor dan dosen di salah satu universitas menyampaikan bahwa penggunaan aplikasi figma belum banyak dikenal oleh pendidik salah satunya dalam menunjang pembuatan desain grafis media pembelajaran, kegiatan dan media sosial. Aplikasi figma menjadi salah satu tools favorit yang biasa digunakan oleh para developer ketika ingin mengembangkan sebuah aplikasi. Fitur yang disediakan oleh figma adalah design, prototyping dan design System.

Adanya pelatihan ini diharapkan para pendidik di SMK Hidayah Semarang dapat menggunakan waktu luang yang lebih positif dan kreatif. Selain itu, pendidik dapat mengembangkan bidang keilmuannya melalui teknologi. Pendidik dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan zaman dengan cepat. Persoalan yang sering dialami oleh pendidik adalah pola pikir yang tidak ingin berkembang dan beralasan karena faktor usia. Dari kegiatan workshop pengenalan dan penggunaan aplikasi Figma yang telah diselenggarakan oleh Universitas Semarang (USM) khususnya untuk para pendidik di SMK Hidayah Semarang, dapat kami simpulkan bahwa pendidik telah mendapatkan ilmu baru dari aplikasi design yang trend untuk saat ini. Pendidik sangat antusias dalam mengikuti workshop pengenalan dan penggunaan aplikasi Figma dan mereka sangat terbantu dalam pembuatan design UI/UX karena materi yang disampaikan sangat mudah dipahami dan dimengerti, serta pendidik dapat praktik langsung bersama pemateri dari USM dalam pembuatan contoh design UI/UX dengan menggunakan aplikasi Figma.

 

Penulis : Okvia Fera Prawesti, Tim Publikasi SMK Hidayah Semarang

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang