SMK N 10 Semarang Gelar Sosialisasi SMK PK: Membangun Sinergi Pendidikan yang Berkualitas

Semarang, 20 September 2023 –  SMK N 10 Semarang sukses menggelar Sosialisasi SMK PK (Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan) yang digelar di Aula SMK N 10 Semarang. Kegiatan ini bertujuan memberikan sosialisasi kepada pihak sekolah maupun luar sekolah sekaligus membuka serangkaian acara SMK PK SMK SMK N 10 Semarang.

Acara yang diselenggarakan oleh SMK N 10 Semarang ini menghadirkan sejumlah narasumber terkemuka, antara lain Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Provinsi Jawa Tengah, Bapak Dr. Siswanto M.Pd, Pengawas SMK N 10 Semarang, Drs. Pandoyo Edi Hartomo, M.Pd, narasumber dari Bapak Pucung Studio, Bapak Godham Eko Saputro, serta Ketua Komite SMK N 10 Semarang, H. Zainal Abidin Petir, S.Pd., SH., MH.

Serangkaian acara Sosialisasi PK ini dimulai pada pukul 08.00 dan dipandu dengan apik oleh perwakilan siswa yang menguasai lima bahasa berbeda, yaitu bahasa Korea, Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, dan Bahasa Indonesia. Acara ini dibagi menjadi dua sesi penting, yakni sesi pagi dan sesi siang.

Sesi pagi dimulai dengan sambutan hangat dari ketua panitia, Ibu Dwi Palupi Widyasari, S.Pd., M.Si, dan sambutan penuh semangat dari Ketua Komite, Bapak H. Zaenal Abidin Petir, S.Pd., S.H.,M.H. Kemudian, acara dilanjutkan dengan paparan materi dari narasumber pertama, Bapak Godham Eko Saputro dari Bapak Pucung Studio. Sesi pagi berlanjut dengan pemaparan materi dari Narasumber kedua, yaitu Bapak Pengawas Pembina, Drs. Pandoyo Edi Hartomo, M.Pd.

Sesi kedua, yang berlangsung pada siang hari setelah istirahat makan (ISHOMA), dimeriahkan oleh penampilan tari gambyong yang memukau dari siswa SMK N 10 Semarang. Kemudian, semua peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan juga mendengarkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an.

Bapak Kepala SMK N 10 Semarang memberikan sambutan hangat dan selamat datang kepada para tamu undangan, serta memberikan gambaran singkat mengenai serangkaian pencapaian dan prestasi SMK N 10 Semarang yang akhirnya berhasil meraih status sebagai SMK PK.

Puncak dari acara Sosialisasi ini adalah perayaan HUT SMK N 10 Semarang. Sebagai bentuk syukur atas pencapaian selama ini, dilakukan pemotongan tumpeng yang penuh makna. Tumpeng tersebut juga melambangkan kesuksesan para guru SMK N 10 Semarang yang berhasil menghasilkan artikel-artikel berkualitas yang kemudian digabungkan menjadi sebuah buku Antologi. Acara sosialisasi ini sekaligus menjadi peluncuran buku Antologi yang diserahkan secara resmi kepada Bapak Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Provinsi Jawa Tengah, Bapak Dr. Siswanto M.Pd.

Acara Sosialisasi SMK PK yang diselenggarakan oleh SMK N 10 Semarang berjalan dengan sangat lancar dan sukses. Kehadiran Kepala SMK se-Kota Semarang dan undangan dari perwakilan orang tua serta para guru dan karyawan sekolah memberikan kesan positif bagi perkembangan SMK N 10 Semarang.

Semoga dengan dinobatkannya SMK N 10 Semarang sebagai SMK PK, akan menjadi titik awal yang baik untuk kemajuan sekolah ini. Diharapkan bahwa sinergi yang kuat antara pihak sekolah, pemerintah, dan masyarakat akan terus ditingkatkan demi mendukung pendidikan yang berkualitas di Kota Semarang.

Penulis : Humas SMKN 10 Semarang